.

Jumat, 17 Maret 2017

Sains dan Teknologi Robot Industri

TEKNOLOGI ROBOT INDUSTRI
Sains, menurut Titus (1959:78) dalam Pengetahuan  Sains, Teknologi dan Masyarakat (2002), mengandung tiga definisi yaitu sebagai sejumlah disiplin ilmu, sebagai sekumpulan pengetahuan, dan sebagai metode-metode.
Disamping itu ditegaskan pula bahwa sains merupakan suatu rangkaian konsep-konsep yang berkaitan dan berkembang dari hasil eksperimen dan observasi.
Menurut Poerwadarminta (1983) dalam Pengetahuan  Sains, Teknologi dan Masyarakat (2002),teknologi adalah ilmu pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri atau ilmu pengetahuan tentang cara membuat sesuatu yang berkenaan dengan hasil industri atau ilmu pengetahuan tentang cara membuat sesuatu atau melakukan sesuatu, sedangkan menurut UNESCO (1983), teknologi adalah sebagai berikut:

……..technology is the know-how and creative process that may utilize tools, resources, and systems, to solve problems, to enhance control over the natural an man-made environment in endeavour to improve the human condition.
Jadi secara ringkas dapat dikatakan bahwa, teknologi merupakan suatu perangkat keras ataupun perangkat lunak yang digunakan untuk memecahkan masalah bagi pemenuhan kebutuhan manusia.
§  Sains melandasi perkembangan teknologi, sedangkan teknologi menunjang perkembangan sains, sains terutama digunakan untuk aktivitas discovery dalam upaya memperoleh penjelasan tentang objek dan fenomena alam, namun juga untuk aktivitas penemuan (invention), misalnya dalam penemuan rumusrumus.
Pengembangan sains ini tidak selalu dikaitkan dengan aspek kebutuhan masyarakat. Sedangkan teknologi, merupakan aplikasi sains yang terutama untuk kegiatan invention, berupa alat-alat atau barang-barang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jadi pengembangan teknologi selalu dikaitkan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian sains, teknologi dan masyarakat merupakanbagian yang tak terpisahkan (Poedjiadi, 1990 ; Yager, 1992: 4).
·         Dampak Positif Sains Dan Teknologi
ü  Informasi apapun dan dimanapun dapat diakses atau diketahui dengan mudah melalui internet.
ü  Komunikasi sudah tidak dapat dipisahkan dengan jarak.
ü  Pertumbuhan ekonomi memiliki kemajuan yang pesat.
ü  Mudahnya mengatur kegiatan, keuangan, atau apapun dalam hidup kita.
ü  rasa percaya diri.
ü  Terbentuknya sistem pembelajaran yang lebih modern yang memudahkan pelajar maupun pengajar.

·         Dampak Negatif Sains Dan Teknologi
ü  Pemanfaatan teknologi internet untuk kejahatan masa kini.
ü  Penyalahgunaan situs sebagai media penyebaran hal SARA, Porno, dan sejenisnya.
ü  Kemerosotan moral masyarakat, khususnya di kalangan remaja.
ü  Semakin mudahnya kebocoran rahasia.
ü  Munculnya senjata baru yang dapat mengancam peradaban manusia.
ü  Terorisme yang semakin banyak terjadi.

TEKNOLOGI ROBOT INDUSTRI
1.      Definisi Robot
Definisi robot dalam jurnal Media Informatika vol.7 No.3 (2008), kata ROBOT pertama kali muncul pada tahun 1921 dalam sebuah drama berjudul R.U.R (Rossum’s Universal Robotus). Karangan Karel Capek (dibaca Chop’ek), dan kata robot berasal dari bahasa Ceko “ROBOTA” yang berarti Force Labor. Kata ROBOTICS juga berasal dari sebuah karya cerita pendek fiksi ilmiah karangan Issac Asimov pada tahun 1942 yang berjudu “Ronaround”. Cerita pendek tersebut kemudian dimasukan oleh Issac Asimov kedalam buku karanganya yang terkenal “I Robot”.
Robot merupakan teknologi terkini yang sering digunakan dalam dunia industry dan lain-lain. Robot diprogram oleh maker untuk melakukan pekerjaan yang berulang-ulang dan cepat akurat yang memiliki mekanisme dan dipandu oleh system atau alat control otomatis. Robot diciptakan untuk membantu memudahkan manusia dalam mengerjakan suatu kerjaan yang berat atau yang critical dalam proses bekerja yang membahayakan.

2.      Berikut jenis-jenis robot :
·         Robot Humanoid
Robot humanoid adalah robot yang penampilan keseluruhannya dibentuk berdasarkan tubuh manusia, mampu melakukan interaksi dengan peralatan maupun lingkungan yang dibuat-untuk-manusia. Secara umum robot humanoid memiliki tubuh dengan kepala, dua buah lenan dan dua kaki, meskipun ada pula beberapa bentuk robot humanoid yang hanya berupa sebagian dari tubuh manusia, misalnya dari pinggang ke atas. Beberapa robot humanoid juga memiliki 'wajah', lengkap dengan mata dan 'mulut'. Android merupakan robot humanoid yang dibangun untuk secara estetika menyerupai manusia.

·         Robot Animaloid
Robot Animaloid adalah robot yang dibuat dengan penampilan ceperti hewan, mampu melakukan interaksi dengan lingkungan seperti hewan pada umumnya.Mempunyai kemampuan melakukan gerak dan reaksi dari dirinya sendiri. Dengan adanya kemampuan ini, roboot animaloid  seolah-olah memiliki insting dan kemauan seperti layaknya binatang. Secara umum robot animaloid di buat menyesuaikan dengan bentuk tubuh dari binatang aslinya.contohnya Aibo yaitu robot yang berbentuk seperti anjing.

·         Robot Mobile
Robot Mobil atau Mobile Robot adalah konstruksi robot yang ciri khasnya adalah mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan badan robot tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik yang lain. Robot mobil ini sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari robot. Hal ini karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobile minimal diperlukan pengetahuan tentang mikrokontroler dan sensor-sensor elektronik.

·         Riset
Robot riset adalah robot yang dibuat untuk membantu manusia dalam menunjang keperluan riset yang tidak dapat dilakukan oleh manusia.Contohnya  mesin robot yang dikirimkan oleh manusia untuk menjelajah ke luar angkasa ke planet Mars pada tahun 2020 mendatang. Kali ini, robot penjelajah ini akan difokuskan pada pencarian tanda-tanda kehidupan masa lalu di planet merah tersebut.Para ilmuwan ini membutuhkan robot dalam riset mereka untuk menunjang bukti bahwa memang ada kehidupan masa lalu di planet Mars.

·         Line Follower Robot, adalah sebuah jenis robotyang termasuk kedalam kategori robot mobile yang di desain untuk bekerja secara autonomous dan memiliki kemampuan dapat mendeteksi dan bergerak mengikuti (follows) garis yang ada di permukaan. Sistem kendali yang digunakan dirancang untuk bisa merasakan jalur garis yang ada dan melakukan manuver gerakan agar tetap bisa mengikuti garis tersebut. Robot jenis ini lumayan banyak diminati bagi mereka yang baru belajar teknologi robot. Dalam bidang industri, robot jenis ini sering digunakan untuk untuk memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain. Dengan memodifikasi sedikit sensornya maka robot line follower bisa dikembangkan menjadi Robot Wall Follower, sebuah robot yang bisa bergerak mengitari dinding.

·         Combination
Merupakan gabungan dari bentuk-bentuk robot lainya.

3.      Kegunaan Robot
·         Robot kedokteran
 adalah robot yang dibuat untuk membantu dalam menangani berbagai penyakit. Robot ini dibuat untuk memudahkan dokter dalam melakukan pengobatan terutama pada bidang pembedahan. Contoh robot yang dibuat adalah operasi jantung menggunakan robot tangan yang dikendalikan oleh remote control. Selain lebih akurat, penggunaan robot ini juga dapat menghindarkan dokter bedah dari paparan sinar X.

·         Robot  industri
Robot industry adalah  sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program . Robot biasanya digunakan untuk: tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang-ulang dan kotor.Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Robot digunakan di beragam industri untuk memposisikan komponen yang dikerjakan dengan sangat cepat dan akurat. Beberapa robot, tidak terbatas pada gerakan ortogonal, memiliki rakitan multisambungan sehingga mereka dapat mensimulasikan gerakan tangan manusia layaknya seperti buruh.

·         Education
Robot yang ditunjukan untuk mempermudah orang dalam mempelajari fungsi-fungsi dasar dan mekanisme kerja dari sebuah robot. Robot ini juga bisa nenotivasi orang-orang untuk lebih berperan serta dalam pengembangan robot dimasa depan.





Daftar pustaka
Djaya, Siswaja H.2008. Media Informatika Vol.7 No.3. Bandung
Diakses pada tanggal 16 maret 2017

Diakses pada tanggal 16 maret 2017

Aingindra. 2014. Dampak positif dan negatif sains dan teknologi.
diakses pada tanggal 16 maret 2017

Widyatiningtyas, R. 2002. Pembentukan pengetahuan sains, teknologi dan masyarakat. Bandung.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.