.

Sabtu, 18 Maret 2017

Manfaat Teknologi Bagi Manusia

Oleh @D06-RENDI. Seiring berjalannya waktu banyak perubahan-perubahan yang terjadi di sekeliling kita dari berbagai bidang salah satunya adalah perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat, hal tersebut sangat mempengaruhi dalam kehidupan kita sehari hari coba kita lihat teknologi  di era tahun 90-an seperti walkman, ponsel, disket dan telpon umum pada tahun-tahun 90-an teknologi banyak di banggakan masyarakat pada era tersebut tapi seiring berjalanya waktu teknologi terus di kembangkan dengan sedemikian rupa sehingga lebih mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan.

Berbagai macam teknologi di ciptakan hal ini bertujuan untuk meringankan beban manusia dalam melakukan pekerjaan misalnya pada berbagai bidang berikut ini:

Bidang kesehatan, banyak teknologi yang di ciptakan, Revolusi di dalam bidang kesehatan lewat perpaduannya dengan teknologi telah menciptakan berbagai macam teknik pengobatan yang dulu tidak terpikirkan sebelumnya. Saat ini operasi yang rumit dengan kebutuhan tingkat ketelitian yang tinggi sudah dapat dilakukan dengan menggunakan robot. Bahkan saat ini dengan penemuan teknologi 3D printing ada kemungkinan manusia akan bisa memperbaiki komponen organ manusia yang rusak dengan menciptakan bagian yang rusak itu dengan teknologi 3D printing.

Bidang industri, dalam dunia industri peran teknologi sangat di perlukan apalagi pada industri manufaktur, mungkin sebelum teknologi dalam bidang industeri berkembang seperti sekarang , proses dari pembuatan barang mentah menjadi barang jadi kebanyakan dilakukan secara manual hal tersebut sangat membutuhkan waktu yang lama dan menghabiskan banyak biaya, penerapan teknologi yang tepat sangat berdampak pada segala aspek misalnya meningktkan produksi dalam sekala besar, mempercepat proses produksi, meningkatkan produksi tanpe cacat dan sebagainya. Contohnya adalah mesin perkakas CNC mesin ini di kontrol oleh program sehingga bisa bekerja dengan waktu cepat dan menghasilkan barang yang berkualitas.

Bidang pertanian, Kebutuhan panangan adalah sala satu kebutuhan pokok dan sangat penting bagi keberlanjutan hidup manusia, apa jadinya jika sumber daya pangan sulit di dapatkan tentunya kelaparan akan merajalela di mana-mana, untuk meningkatkan kebutuhan pangan di sektor pertanian berbagai teknologi di ciptakan untuk meningkatkan kebutuhan pertanian sehinga persediaan bahan pangan akan tetap terpenuhi dalam kondisi dan cuaca apapun, salah satunya teknologi terbaru yang diciptakan adalah RNAi ini adalah teknologi yang di ciptakan untuk mengatasi berbagi masalah dalam bidang pertanian seperti cuaca, hama, dan lain-lain.

Bidang pendidikan, berbagai macam metode pembelajaran yang inovativ, nyaman dan mudah di pahami sudah di lakukan di berbagai sekolah, salah satuya adalah tentang pembelajaran berbasis online, metode ini bertujuan untuk memudahkan siswa untuk mengakses pelajaran dimnapun, dan kapanpun sehingga ilmu yang di dapat lebih banyak, hal tersebut terjadi karena berkembang  pesatnya teknologi informasi sehingga metode pembelajaran online ini di terapkan. Menurut Partlow dan Gibbs (2003), kursus online yang dirancang dari prinsip-prinsip konstruktivisharus interaktif, berbasis proyek, dan kolaboratif dan menyediakan pelajar dengan beberapa pilihan dan kontrol atasbelajar mereka. Survei yang dilakukan oleh Kim dan Bonk (2006), menunjukkan pergeseran dari tradisional guru-diarahkanpendekatan teknik berpusat pada peserta didik dalam pembelajaran online.

Bidang ekonomi, perkembangan di sektor ekonomi semakin hari semakin meninkat, pengaplikasian  berbagai sistem digunakan untuk meningkatkan sumber daya manusia sehinga perekonomian bisa berjalan dengan lancar, dengn menggunakan sistem teknologi informasi akan mempermudah setiap individu mengontrol perkembangan perekonomian dari berbaqgai sektor.

Refrensi:

Trepule Elena, Margareta T.V, Rutkine Austra. 2015.Didactic Approach of Introducing Technology Enheanced Learning (TEL) Curriculum in Higer Education. Vytautas magnus University, Donelaicio str. Vol. 191:848-852.

J.H Serman, Munykwa Tichafa, S.Y. Chan, J.S Serman, K.w. WiterShoudhuri Supratim. 2015.RNAi technologies In Agricurtual Bio Technologi The Toxichology Forum 40th Annual Summer Metting. Monshanto company 800 H. Linbregh, United states.vol.73:671-680.

Ortega-nevas M.D.C 2017.The Us of New use of new technologies as a tool for the promotion of health education.National Dictance Education University C/Juan del Rosal.vol.237:23-29.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.