.

Sabtu, 25 Maret 2017

KOMPRESOR SEBAGAI KOMPONEN UTAMA AC

@E02-Bayu
Oleh:  Kurniyanto Bayu Anggoro

KOMPRESOR SEBAGAI KOMPONEN UTAMA AC
Penyejuk udara, pendingin ruangan, pengkondisi udara, penyaman udara, erkon, atau AC (bahasa inggris): air conditioner) adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk menstabilkan suhu udara dan kelembapan suatu area (yang digunakan untuk pendinginan maupun pemanasan tergantung pada sifat udara pada waktu tertentu).

KOMPONEN UTAMA AC
Komponen ini merupakan komponen pokok dari sistem pendingin, semua perubahan refrigran akan di proses di dalam komponen ini, dengan kata lain komponen ini merupakan komponen terpenting dari sistem pendingin. Komponen tersebut adalah:
1. Kompresor
2. Kondensor
3. Pipa Kapiler
4. Evaporator



KOMPRESOR SEBAGAI KOMPONEN UTAMA AC
kompresor adalah alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida mampu mampat, yaitu gas atau udara. tujuan meningkatkan tekanan dapat untuk mengalirkan atau kebutuhan proses dalam suatu system proses yang lebih besar.
Kompresor AC berfunsi untuk memompa gas freon ke seluruh bagian-bagian AC , kompresor seperti halnya denan jantung manusia sebagai pusat sirkulasi udara , yang memompapa darah kaseluruh jaringan tubuh. Fungsi lainnya kompresor adalah membentuk 2 daerah , daerah bertekanan tinggi dan tekanan rendah.

JENIS KOMPRESOR AC BERDASARKAN PRINSIP KERJANYA
1. Kompresor Torak
Merupakan kompresor yang menggunakan sitem torak yang bekerja dengan gaya maju mundur.
2. Kompresor Sentrifugal
Merupakan kompresor yang menggunakan gaya sentrifugal untuk memampatkan fluida, biasanya menggunakan freon tekanan rendah.
3. Kompresor Rotary
Merupakan kompresor pendingin yang banyak digunakan untuk kompresor kecil dengan sistem memutar sehingga memaksa fluida untuk bergerak dan dimanfaatkan pada sisi yang lain.
4. Kompresor Scrol
Menggunakan sistem kerja 2 buah spiral, dimana satu spiral tidak bekerja, dan spiral yang lainnya bisa bergerak. Sehingga akan menciptakan bertekanan diantaranya.

Daftar Pustaka
1. Penyejuk Udara, https://id.wikipedia.org/wiki/Penyejuk_udara diakses tanggal 24 Maret 2017
2. Kompresor, https://id.wikipedia.org/wiki/Kompresor diakses tanggal 24 Maret 2017
3. Jenis dan tipe kompresor AC pendingin, http://polarin.co.id/jenis-dan-tipe-kompresor-ac-pendingin/ diakses tanggal 24 Maret 2017
4. Bagian-bagian air conditioner, http://komponenelektronik3.blogspot.co.id/2015/12/bagian-bagian-air-conditioner-ac_1.html diakses tanggal 24 Maret 2017
5. Air Conditioning & Heat Pump, https://books.google.co.id/books?id=iklGmUiAHEkC&printsec=frontcover&dq=air+conditioner&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwjogYG05PDSAhVHMI8KHex2C684ChDoAQgYMAA#v=onepage&q&f=true diakses tanggal 24 Maret 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.