.

Jumat, 24 Maret 2017

Pengontrol Tirai dengan Menggunakan Remote Control

@D13-Reta
disusun oleh Reta Aldhino


Perkembangan teknologi saat ini berkembang sedemikian pesat . Perkembangan ini berdampak kepada kehidupan manusia , dimana dapat lebih mempermudah pekerjaan manusia sehingga lebih efisien tenaga dan waktu . salah satunya adalah teknologi yang menggunakan remote .
Kali ini saya akan membahas tentang remote control yang bertugas mengatur pergerakan tirai .

Sebelum lebih jauh , saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan remote control .
Remote Controller atau yang biasa disebut Pengendali jarak jauh merupakan sebuah alat elektronik yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah mesin dari jarak jauh
Kebanyakan remote berkomunikasi dengan perangkatnya masing-masing melalui gelombang radio.

Menurut pengertianilmu.com , Gelombang radio Gelombang radio adalah gelombang yang memiliki jangkauan frekuensi yang cukup luas dan biasanya dihasilkan oleh rangkaian isolator dalam alat-alat elektronika. Spektrum gelombang radio dipisahkan dalam pita-pita frekuensi atau panjang gelombang.
Gelombang elektromagnetik lain yang memiliki frekuensi di atas gelombang radio meliputti sinar gamma, sinar-X, inframerah, ultraviolet, dan cahaya terlihat.

-          Alat yang diperlukan
1.    Remote control
Berfungsi untuk mengirimkan gelombang radio
2.    Receiver
Berfungsi untuk menerima sinyal dari remote
3.    Microcontroller
Menurut Warjono, Suwinardi S, Ansori, M. Ichsan H, Vinasthika Andewi,2013  Mikrokontroler merupakan rangkaian elektronik terintegrasi (chip) yang di dalamnya berisi komponen pendukung yaitu memori dan antar muka (I/O), berfungsi untuk memproses data masukan dari pemancar dan membandingkan dengan data yang telah diperoleh sebelumnya yaitu dari sensor yang memberikan kode gray. Pemprosesan ini menghasilkan keluaran yang memerintahkan motor untuk berputar sesuai dengan yang diinginkan oleh pemancar
4    Motor DC
Motor DC adalah motor listrik yang memerlukan suplai tegangan arus searah pada kumparan medan untuk diubah menjadi energi gerak mekanik. Kumparan medan pada motor dc disebut stator (bagian yang tidak berputar) dan kumparan jangkar disebut rotor (bagian yang berputar). Motor arus searah, sebagaimana namanya, menggunakan arus langsung yang tidak langsung/direct-unidirectional.

-          Cara kerja
mikrokontroler akan melakukan inisialisasi terhadap semua perangkat input dan output.Saat tombol pada pemancar ditekan maka data akan terkirim, dan diterima oleh receiver selanjutnya diolah oleh mikrokontroler. Selain mengolah data yang diterima dari pemancar, mikrokontroler juga memperoleh data dari sensor yang memberikan kode gray (merupakan data posisi tirai sebelumnya). Kedua data ini diproses, yang akhirnya mikrokontroler memerintahkan untuk menggerakkan motor untuk berputar ke posisi yang diinginkan.



Rancang bangun pengontrol tirai dengan gelombang radio ini dilakukan dengan langkah sebagai berikut:
1. Merancang rangkaian elektronik, dilanjutkan dengan mencoba rangkaian dalam proto board
2. Merancang papan rangkaian tercetak (PCB) menggunakan bantuan program Proteus Ares dilanjutkan pembuatan PCB
3. Merakit/memasang komponen pada PCB
4. Membuat program yang diperlukan pada mikrokontroler untuk pergerakan sudut tertentu atau tertutup
5. Mencoba hasil rakitan dan menguji apakah rangkaian bekerja dengan sempurna

-          Kesimpulan
-          Dari pembahasan dapat disimpulkan bahwa rancang bangun pengontrol tirai (korden) dengan gelombang radio telah bekerja sesuai dengan yang direncanakan. Pembukaan tirai berupa:
a. membuka dan menutup sesuai posisi yang telah ditentukan,
b. diatur sudut pembukaannya,
c. membuka dan menutup penuh. Pengaturan sudut (00, 450, 900, dan 1350) dilakukan dengan menekan tombol pada pemancar (remote) dan mengarahkan ke perangkat elektronik tirai.



Daftar pustaka :

Warjono, Suwinardi S, Ansori, M. Ichsan H, Vinasthika Andewi,2103. Pengontrol Tirai (Korden)
dengan Gelombang Radio (RF) , http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=443201  (diakses 23/03/2017)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.