.

Jumat, 24 Maret 2017

Pesawat Tanpa Awak





@E03-Adik
Dibuat oleh Adik Mukti
           

 Drone adalah pesawat tanpa awak  yang dikendalikan dari jarak jauh. Dahulu mungkin orang mengenal drone atau pesawat tanpa awak digunakan oleh militer untuk memata-matai musuh di daerah konflik. Tapi kini Drone non militer menjadi hobi baru, penggunanya juga sangat beragam mulai dari anak sekolah hingga profesional.



JENIS-JENIS DRONE

Drone ada 2 jenis (Berdasarkan baling baling)  :
  • Fixed wing Drone ( Tunggal)
Drone jenis ini berbentuk seperti pesawat komersial dan digunakan untuk proses yang cepat, daya jangkau lebih cepat serta lebih luas, biasanya untuk pemetaan (mapping) atau  konsepnya seperti scaning. Drone jenis Fixed wins memiliki Energi lebih irit baterai karena single baling baling.

  • Multicopter Drone (Multi)
Untuk Anda yang ingin membuat video yang bagus sangat cocok memilih drone yang multi copter dikarenakan Lebih stabil dan daya angkut serta kekuatan untuk mengangkat beban (kemera) bisa yang lebih berat. Semakin banyak baling baling semakin stabil dan lebih aman.



Jenis baling baling :
a.       3 baling baling (3Copter)
b.      4 baling baling (Quadcopter)
c.       6 baling baling (HexaCopter)
d.      8 Baling baling (Octacopter)

BAGIAN DARI DRONE
  • PROPELLER / Prop : Adalah baling baling yang dipakai untuk memberikan daya angkat pada drone, pengendali arah, dan penyeimbang, jumlah dari propeller tersebut bervariasi ada yang yang jumlahnya 2, 3, 4, 8 dan seteterusnya
  • RC : Remote contorol yang dipakai untuk menggerkan drone dari jarak jauh biasa di drone RC ini dipasangkan dengan device seperti smartpone, tablet , komputer yang dipakai untuk visualisasi dari drone itu sendiri dan memantau pergerakannya dari jarak jauh
  • GIMBAL : Adalah system penstabil dari camera , juga sebagai penghubung antara drone dan camera bentuknya masing masing berbeda tetapi memiliki kegunaan yang sama yaitu membuat stabil pengambilan foto atau video dengan menggunakan drone sehingga guncangan dari drone, dan angin tidak membuat foto mejadi goyang atau blur.
  • CAMERA : camera yang dipkakai untuk menampilkan image yang dipakai untuk melihat, memotret, melakukan recording video
  • LANDING SKID : kaki drone yang dipakai untuk melakukan pendaratan, bentuknya bermacam macam dan terkadang bisa digerakan naik dan turun sesuai kebutuhan www.herrytjiang.com
  • SHOCK ABSORBER :  peredam getaran yang dipakai di drone untuk membantu memberikan keseimbagan camera sehingga teteap lurus dan stabil , tidak semuanya drone memiliki  ini tetapi didalam gimbal sudah ada fungsi ini.
  • ROTOR : dinamo pengerak dari propeller dan jumlahnya tergantung dari jenis drone itu sendiri, besaran rotornya juga tergantung dari besar kecilnya drone

ARAH DAN GERAKAN DRONE 
  • 3 AXIS : Drone dapat digerakan ke tiga titik sumbu , dengan drone quadcopter Drone dapat digerakan ke depan, kekiri keanan, dan berputar atau pada sumbu x , y , z atau sering disebut gerakan Pitch , Roll, Yaw .
  • PITCH : gerakan drone untuk maju dan mundur pergerakanya bisa dengan memajukan stik ke depan dan kebelakang sesuai dengan setting rc yang kita lakukan
  • ROLL  :gerakan drone untuk kekanan atau kekiri pergerakannya bisa dnegan mengerakan kekanan dan kekiri dari rc yang ada.
  • YAW : gerakan drone untuk berputar dari kiri atau dari kanan dan pergerakannya juga dikendalikan dengan RC yang sama gerakannya dengan roll tetapi beda stik.
  • THROTTLE :   Pengendali dari motor / rotor dari drone tersebut bisa juga disebut stik , biasa kita sebutnya throttle down artinya drone diarahkan kebawah. Naik menggunakan throttle up (arahkan stik ketas)
  • AUTO TAKE OFF & LANDING  : Drone bisa diterbangkan secara langsung hanya dengan memencet tombol dan drone akan take off secara automatic begitu pula dengan landingnya www.herrytjiang.com
  • HOVERING : posisi drone dalam keadaan melayang diudara yang biasa dipakai untuk checking drone.
  • TRIM : tombol atau dial yang dipakai untuk menyeimbangkan dan menjaga kestabilan drone, biasa dipakai di heli rc sedangkan di drone sudah diatur oleh IMU yang melakukan checking sehingga drone tetap stabil diudara.
  • ALERION : adalah istilah untuk mengerakan stik kekanan atau kekiri sama dengan roll bisa juga disebut ALERION adalah melakukan test kekanan dan kekiri
  • ELEVATOR : adalah istilah untuk mengerakan stik ke depan dan kebelang atau sama dengan pitch contol bisa juga disebut elevator adalah gerakan melakukan test maju kedepan dan kebelakang

FUNGSI DRONE

Fungsi Drone bagi Kemiliteran


1. Keperluan Pengintaian dan Penyerangan


Pada awalnya, drone berfungsi sebagai alat pengintai dalam dunia militer. Biasanya, Drone pengintai ini sekaligus dugunakan untuk alat penyerang, sehingga drone tersebut juga dilengkapi dengan GPS (Global Positioning Systems), kamera infrared dan senjata, seperti rudal. Drone jenis ini terkoneksi pada sebuah pusat pengendalian yang terdiri dari separangkat komputer berteknologi canggih.

2. Pengangkut Barang


Drone jenis ini digunakan oleh orang-orang di kemiliteran sebagai pengangkut barang atau benda-benda lain yang mungkin berbahaya bagi manusia.

3. Melakukan Tugas Kotor dan Berbahaya bagi Manusia


Tak jarang dalam dunia militer, tugas-tugas yang berhubungan dengan tempat atau benda-benda berbahaya bagi keselamatan manusia. Untuk itu, mereka memerlukan pesawat tanpat awal yang dilengkapi dengan fasilitas kamera, GPS dan infrared yang terhubung ke sebuah sistem komputer sebagai pusat kendali untuk melakukan tugas tersebut. Dalam hal ini drone memiliki banyak manfaat bagi mereka di kemiliteran.

Fungsi Drone bagi Non-Militer

1. Keperluan komersial


Dewasa ini, drone berukuran mini yang dilengkapi fasilitas kamera mulai dijual bebas ke pasar elektronik. Masyarakat awam umumnya menyebutnya dengan "Drone Camera (kamera)", karena drone identik dengan kamera untuk kebutuhan pengambilan gambar dan perekam video. Sehingga produsen-produsen pesawat nirawak ini, mendapatkan laba yang cukup besar dari penjualan produk tersebut.

Selain untuk dijual, beberapa perusahaan besar, seperti Amazon, bahkan sudah sejak lama menggunakan Drone sebagai media pengangkut (produk) barang kepada konsumen mereka. Sama halnya seperti "Drone sebagai pengangkut barang" pada kemiliteran, Amazon juga melengkapi pesawat tak berawak ini dengan infrared, GPS, dan kamera untuk mengendalikan dan memastikan barang tersebut sampai ke tangan pelanggan. Drone jenis ini, biasanya sudah di-setting otomatis oleh pengendalinya.

2. Ilmiah dan Ilmu Pengetahuan


Dalam bidang ilmu pengetahuan, seperti keperluan penelitian, biasanya drone berfungsi seperti: Media untuk mempelajari aerodinamika dan penerapannya, untuk pemetaan, penelitian Atmosfir, Penyebaran benih, pengamatan vitigasi daerah kritis yang sulit dijangkau, Pengawasan bencana, Membuat hujan buatan, dan sebagainya.

3. Bidang Sipil (Pemerintahan dan masyarakat)


Biasanya masyarakat umum menggunakan Drone untuk hal-hal seperti: Melihat Luas lahan dan kontur yang ada sehingga memudahkan dalam perencanaan pembangunan lahan tersebut, membantu pemerintah dalam membuat tata kota yang lebih teratur, mengetahui luas lahan yang terbakar dalam kebakaran hutan, menciptakan peta tambang 3 dimensi yang telah digarap dalam bidang pertambangan, SAR, dan lain-lain.

4. Hiburan


Sejak drone mulai dijual bebas di pasar elektronik, drone mulai digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan hiburan. Kebanyakan diantaranya, masyarakat terutama kalangan remaja dan dewasa cenderung menggunakan drone sebagai:

Foto-Foto dan Merekam Video


Sepertinya, dengan menggunakan drone jauh lebih mudah dan praktis ketimbang menggunakan tongsis yang terbatas dan menyusahkan. Mungkin itu adalah alasan kaum muda-mudi menggunakan drone untuk kebutuhan foto-foto bareng teman, merekam video, atau mengambil gambar pemandangan. Ditambah lagi dengan harga drone khususnya "Drone Kamera" yang makin lama harganya makin turun, sehingga siapa saja bisa mendapatkan barang elektronik ini.

Balapan Drone


Kalangan muda di luar negeri sana juga ada yang menggunakan drone untuk tanding balapan drone. Drone jenis ini lebih mengutamakan kecepatan dan tidak menggunakan fasilitas kamera. Jika dahulu, orang-orang baru bisa menggunakan mobil mainan dengan remote kontrol dalam ajang permainan balap-balapan mobil, sekarang mereka bisa menggunakan pesawat dengan remote kontrol untuk mendapatkan kesenangan yang jauh lebih memuaskan. Oleh karena itu, beberapa produsen juga ada yang memproduksi mainan jenis ini untuk kebutuhan balap-balap drone tersebut.

5. Fungsi Drone Lainnya


Masih banyak fungsi drone dalam kehidupan masyarakat yang tidak sempat ditambahkan disini. Bagaimanapun, masyarakat mempunyai cara tersendiri dalam memanfaatkan teknologi pesawat nirawak tersebut. Apapun itu, jika anda ingin dan telah memiliki drone tersebut, gunakanlah untuk hal-hal yang bermanfaat dan bermutu. Jangan terlalu hanyut dalam kesenangan, sehingga anda lupa waktu dan keadaan yang justru merugikan dan membahayakan diri anda sendiri. Kita tidak asing lagi dengan kabar-kabar seperti ada jatuh dari jurang akibat foto selfie di tempat berbahaya, masuk kedalam got akibat keasikkan main game sambil berjalan, dan dampat positif lainnya. Maka dari itu, gunakanlah untuk hal yang bermanfaat.


Anonim.2016.Jenis dan Fungsi Drone
www.artikelteknologi.com/2016/01/jenis-dan-fungsi-drone-pesawat-tanpa-awak.html#
Diakses 24 Maret 2017
Tjiang, Herry.2016.Istilah pengertian dan jenis drone
www.herrytjiang.com/istilah-pengertian-dan-jenis-drone/
Diakses 13 Maret 2017
Anonim.2016.Fungsi Pesawat Drone
www.matabaraja.com/2016/07/apa-fungsi-pesawat-drone-dan-drone.html
Diakses 13 Maret 2017








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.