.

Minggu, 11 September 2016

" Mengenal startup"





Abstrak
Artikel ini berisikan informasi tentang startup. Tujuan dari artikel ini untuk menjelaskan definisi startup beserta contoh manfaat startup atas permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan metode pencarian data dari beberapa situs yang ada di Internet.
1.       Pendahuluan

Pada saat ini penduduk Jakarta dihadapkan oleh banyak masalah seperti kemacetan yang tidak mengenal waktu, tingkat kriminalitas yang tinggi, banjir yang melanda di beberapa daerah, dan lain-lain. Namun sangat disayangkan bahwa banyak orang yang hanya sekedar mengeluh tanpa member solusi yang pasti. Dan di sinilah peran startup berada. Yaitu untuk memecahkan masalah-masalah yang ada di Indonesia. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan definisi startup dan peran startup  atas masalah-masalah yang ada di Indonesia. Manfaat penelitian ini adalah agar pembaca dapat memahami lebih jelas apa itu startup dan juga untuk mengajak pembaca agar ikut turut serta memecahkan masalah yang ada melalui startup.

2.       Pembahasan

Menurut Wikipedia perusahaan rintisan atau yang umumnya disebut startup, merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi dan masih dalam fase pengembangan. Di Indonesia sendiri sudah banyak startup yang berdiri seperti Tokopedia, Lazada, Go-Jek, Blibli, Bukalapak, iGrow, dll. Dari kebanyakan startup yang ada di Indonesia, kita dapat menarik satu benang merah, yaitu mereka sama-sama memanfaatkan teknologi untuk memecahkan suatu masalah. Seperti Go-Jek yang memanfaatkan aplikasi handphone untuk menyambungkan antara pengguna dengan ojek. Serupa dengan Go-Jek, iGrow pun memanfaatkan teknologi situs jejaring dan juga aplikasi telepon pintar untuk menghubungkan investor dengan petani. Dari kedua contoh diatas dapat kita lihat bahwa kedua startup tersebut telah berhasil menemukan solusi atas permasalahan macet dan petani yang membutuhkan modal untuk bercocok tanam.
Mengutip dari artikel Balea Judith yang diterbitkan di situs Techinasia pada tanggal 28 Januari 2016, populasi di Indonesia sudah sebesar 259.1 Juta, pengguna internet aktif di Indonesia sudah sebesar 88,1 juta, pengguna media sosial sudah sebesar 79 juta, pengguna koneksi mobile sudah sebesar 326,3 juta, dan pengguna sosial media mobile aktif telah mencapai 66 juta.  Ini menunjukan bahwa internet sudah sangat berpengaruh terhadap gaya hidup orang Indonesia dan berpotesi besar dalam pemecahan masalah yang sedang kita hadapi. Konsep startup hadir dengan mengikat orang-orang yang sevisi agar bergabung dan menciptakan sebuah usaha melaluin teknologi guna menyelesaikan masalah tersebut.
Penutup
Dengan berkembang pesatnya  teknologi internet dan aplikasi di Indonesia, ini menunjukan bahwa kita dapat menciptakan sebuah usaha yang berguna bagi orang lain dengan biaya murah dan usaha yang lebih mudah.
Daftar Pustaka
1.       Balea, Judith 2016 The latest stats in web and mobile in Indonesia, https://www.techinasia.com/indonesia-web-mobile-statistics-we-are-social
2.       Freischslad, Nadine 2016 Indonesia’s 15 best-funded startups, https://www.techinasia.com/indonesia-15-best-funded-tech-ventures
3.       Freischslad, Nadine 2016 Indonesia’s 15 best-funded startups, https://www.techinasia.com/indonesia-15-best-funded-tech-ventures
4.       Wikipedia, 2016 Perusahaan Rintisan, https://id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan_rintisan
5.       Febriana, Shellya 2016 Iklim Startup di Jawa Timur, http://gusipul.com/2015/11/21/iklim-startup-di-jawa-timur/





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.