.

Sabtu, 17 September 2016

Resensi Buku : Ekonomi Tehnik, Analisis Pengambilan Keputusan



mind map :


Identitas Buku

Judul Buku         : Ekonomi Teknik - Analisis Pengambilan Keputusan
Penulis                : Ferianto Raharjo
Penerbit              : Andi Publisher
Tahun terbit        : Agustus - 2007
Jumlah halaman : 192
No. ISBN           : 9789792900460
Harga buku         : Rp. 63.000,-

Riwayat pengarang :

Ferianto Raharjo lulus S1 Tehnik Sipil Konstruksi tahun 1993 dan S2 Tehnik Sipil Manajemen Konstruksi tahun 1999 dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Sebagai staff pengajar pada program studi Tehnik Sipil, Fakultas tehnik Universitas Atma Jaya Yogyakarta diantaranya mata kuliah Ekonomi Tehnik, Bahasa Pemograman, Statistika, Manajemen biaya dan waktu serta memberi pelatihan perencanaan biaya dan penjadwalan proyek, Microsoft Excel, email penulis : ferianto_r@yahoo.com.

Sinopsis 

Buku ini menjelaskan tentang bagaimana cara mengnalisis pengambilan keputusan yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah tidak boleh hanya sekedar bisa dilaksanakan, tetapi juga harus diuji kelayakannya secara ekonomis. Oleh sebab itu, ekonomi teknik menjadi alat yang tidak bisa dipisahkan dalam proses analisis pengambilan keputusan, tanpa membedakan disiplin ilmu keteknikannya. Materi yang dibahas dalam buku ini mencakup :

  • Pengambilan Keputusan 
  • Konsep Ekuivalensi 
  • Bunga Majemuk dalam Ekuivalensi 
  • Bunga Nominal dan Bunga Efektif 
  • Present Worth Analysis 
  • Future Worth Analysis 
  • Annual Worth Analysis 
  • Payback Period Analysis 
  • Rate of Return Analysis 
  • Benefit Cost Ratio 

Buku ini dilengkapi disket yang berisi berbagai contoh aplikasi spreadsheet yang digunakan untuk menyelesaikan contoh permasalahan secara manual dalam setiap babnya.

Kelebihan

Buku ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

  1. Detail dalam pembahasan analisis pengambilan keputusan, karena diberikan contoh kasus maupun juga contoh perhitungan.
  2. Memberikan contoh spreadsheet dalam microsoft excel dan juga rumus yang perlu digunakan.
  3. Buku ini dilengkapi juga dengan faktor bunga majemuk.

Kekurangan

Buku ini memiliki beberapa kekurangan sebagai berikut :

  1. Secara fisik buku ini memiliki ukuran yang kecil, sehingga pada tabel-tabel yang ditampilkan masih ada yang kurang jelas karena angka-angka yang ditampilkan terlalu kecil. 
  2. Pada operasi perhitungan di Bab 8 (Payback Period Analysis) masih kurang mendetail, seharusnya lebih didetailkan lagi langkah perlangkahnya.

Penutup

          Dengan membaca buku ini kita dapat mengetahui cara menganalisis suatu problem guna mengambil keputusan yang disertai berbagai pertimbangan ekonomi, karena dalam dunia tehnik sekalipun faktor ekonomi (biaya) sangat-sangat tidak bisa dipisahkan. Pembahasan didalam buku ini sangat menarik sehingga sangat bermanfaat bagi para pembaca.

3 komentar:

  1. Bisa menjadi pedoman untuk para karyawan dan masyarakat luas supaya perusahaan atau tempat bekerja berjalan dengan baik.

    BalasHapus
  2. @B10-UTOMO
    Sangat baik, singkat padat dan jelas. Dengan membaca resensi ini timbul keinginan untuk mengkajinya lebih jauh, karena terdapat kasus kasus pada perekonomian tidak hanya teori saja. Kelebihan dan keurangan yg diberikan juga baik. Saran saya pembahasan mungkin bisa diperbanyak,naun selebihnya sgt baik

    BalasHapus
  3. @B19-HARTANDI
    Bisa menjadi pedoman untuk para karyawan dan masyarakat luas supaya perusahaan atau tempat bekerja berjalan dengan baik.
    untuk saran artikelnya cara penulisannya mohon diperbaiki lagi.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.