.

Sabtu, 17 September 2016

RESENSI BUKU MANAJEMEN JILID 1

Judul Buku                              : Manajemen
Edisi Cetakan                          : Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1
Penulis                                     : James A. F. Stoner,
  R. Edward Freeman,
  Daniel R. Gilbert. Jr
Alih Bahasa                             : Drs. Alexander Sindoro
Penyunting                              : Ir. Bambang Sayaka, MSc.
Gambar dan Tata Letak          : M. Hadi Fr.
Dicetak Oleh                           : Victory Jaya Abadi
Diterbitkan Oleh                     : PT. Prenhallindo Jakarta
Diterbitkan Untuk                   : PT. Bhuana Ilmu Populer
Tahun Terbit                            : 1996
No. ISBN                                : 979-8901-04-5
Riwayat Penulis                      :

James A.F. Stoner

Professor
Management Systems
General Information:
140 W. 62nd Street, Room 404,
New York, NY 10023

BIOGRAPHY
James A.F. Stoner is a professor of management systems at the Gabelli School of Business and holder of Fordham's James A.F. Stoner Chair in Global Quality Leadership.
Professor Stoner has accumulated many academic laurels. He was named a profesor honorario by the Universidad Catolica Santo Domingo, a distinque profesor by the Asosiación Dominica de Profesionales en Administración, and an honorific visiting professor at the Universidad de Ricardo Palma in Lima, Peru. Here at Fordham, he is a past recipient of the Gladys and Henry Crown Award for Faculty Excellence at the graduate level. He also earned a citation from the Academy of Management for best paper in management education.
Before beginning his academic career, Professor Stoner was a project-development officer for the Ministry of Commerce and Industry in the government of Tanganyika, now called Tanzania. He holds a PhD and an MS from the Massachusetts Institute of Technology and a BS from Antioch College.
EDUCATION
·         Bachelors: BS, Antioch College
·         Masters: MS, Massachusetts Institute of Technology
·         PhD: Massachusetts Institute of Technology
RESEARCH INTERESTS
Leading and Managing for Global Sustainability Designing and Creating For-Profit Enterprises that Contribute to Global Sustainability Management, Spirituality, and Organizational Excellence Creating Excellent Teams Ontological Inquiry, Excellence, and Personal and Organizational Transformation
PUBLICATIONS
·         J.A.F. Stoner (and Werner, F.M.), Fundamentals of Financial Managing. Corvallis, OR: Authors Academic Publishing, 2002.
·         J.A.F. Stoner (and Werner, F.M.), Modern Financial Managing. Corvallis, OR: Authors Academic Publishing, 2001

Sinopsis                                   :
Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan.
Manajer adalah orang yang bertanggungjawab untuk mengarahkan usaha yang bertujuan membantu organisasi dalam mencapai sasarannya.
Fungsi manajemen menurut Stoner, sebagai berikut:
1.      Merencanakan (planning) menunjukkan bahwa para manajer memikirkan tujuan dan kegiatannya sebelum melaksanakannya. Kegiatan mereka biasanya berdasarkan pada suatu cara, rencana, atau logika, bukan asal tebak saja.
2.      Mengorganisasikan (organization) berarti para manajer itu mengkoordinir sumber daya manusia dan sumber daya bahan yang dimiliki organisasi. Sejauh mana efektifnya suatu organisasi tergantung pada kemampuannya untuk mengerahkan sumber daya yang ada dalam mencapai tujuannya. Tentu saja, dengan makin terpadu dan makin terarahnya pekerjaan akan menghasilkan makin efektifnya organisasi. Mendapatkan koordinasi yang sedemikian itu adalah salah satu tugas manajer.
3.      Memimpin (to lead) menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu, Dengan menciptakan suasana tepat, mereka membantu bawahannya bekerja sebaik mungkin.
4.      Mengendalikan (controlling) berarti para manajer berusaha untuk meyakinkan bahwa organisasi bergerak dalam arah tujuan. Apabila salah satu bagian dari organisasi menuju arah yang salah, para manajer berusaha untuk mencari sebabnya dan kemudian mengarahkannya kembali ke tujuan yang benar.

Kelebihan Buku                      :
Perencanaan ditetapkan berdasarkan logika dan persiapan yang matang. Perencanaan strategi dalam mencapai tujuan berdasarkan pemikiran yang rasional, tidak dibuat berdasarkan angan-angan ataupun khayalan, sehingga rencana kerja tersebut dapat terlaksana dengan baik.

Kekurangan Buku                   :
Dalam penjabarannya tidak disebutkan prioritas guna mencapai tujuan utama. Tidak disebutkan pula sistem yang mengatur anggaran yang direncanakan dalam menjalankan kegiatan kedepannya sehingga tidak memiliki standar ketercapaian kegiatan untuk mencapai tujuan dan tidak dicantumkan spesifik perencanaan dalam menghadapi kendala yang ada kedepannya.

Penutup                                   :
Buku manajemen ini merupakan dasar dalam mempelajari bidan-bidang fungsional manajemen lain seperti manajemen operasional/produksi, pemasaran, keuangan dan manajemen sumber daya manusia. Buku ini juga memberikan informasi yang berguna dan relevan dalam membantu mahasiswa untuk memahami konsep-konsep pokok dan teori dasar tentang manajemen sebagai sebuah sistem yang berproses di suatu organisasi. Melalui buku ini diharapkan pemahaman mengenai dasar-dasar manajemen dan organisasi, sejarah perkembangan ilmu manajemen, fungsi-fungsi pokok manajemen yang meliputi fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian/staffing, fungsi memimpin, memotivasi dan berkomunikasi serta fungsi pengendalian/pengawasan, tingkatan-tingkatan manajemen dan keterampilan yang harus dimilikinya, peran-peran utama manajemen dan pengaruh kebudayaan terhadap gaya manajemen.

3 komentar:

  1. @B06-RADAR,

    komentar: yaa saya sudah pernah membaca buku ini, dan memang benar kata penulis kalau buku ini mempunyai kelebihan yaitu rencana kerja tersebut dapat terlaksana dengan baik.

    saran: kurang sekali kata-kata untuk membawa kita seolah-olah kita harus memiliki buku ini.

    BalasHapus
  2. @B18-Nova

    Komentar : Saya setuju dengan penulis bahwa perencanaan ditetapkan berdasarkan logika dan persiapan yang matang. Perencanaan strategi dalam mencapai tujuan berdasarkan pemikiran yang rasional, tidak dibuat berdasarkan angan-angan ataupun khayalan, sehingga rencana kerja tersebut dapat terlaksana dengan baik.

    Saran : Memperbanyak lagi penjelasan mengenai buku tersebut.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.