.

Sabtu, 17 September 2016

Resensi Buku Kimia Dasar 1

Kimia Dasar 1 : Berdasarkan Prinsip-prinsip Kimia Terkini
Oleh : Dini Syarah

1.) Identitas Buku


Judul Buku         : Kimia Dasar1
Penulis               : Yayan Sunarya
Penerbit             : CV. Yrama Widya
Cetakan             : I
Tahun Terbit       : 2010
Jumlah Halaman : 546 + xiv
Ukuran              : 15,5  x 24 cm


2.) Sinopsis
Tuntutan akademik terhadap pemahaman dasar-dasar ilmu kimia bagi mahasiswa pemula dirasa sangat tinggi. Sedangkan pada saat ini, buku-buku ilmiah yang berbahasa Indonesia, khususnya ilmu kimia dirasa masih sangat kurang. Mayoritas buku ilmiah yang memuat prinsip-prinsip eksakta di luar sana masih menggunakan bahasa asing. Dengan terbitnya buku Kimia Dasar 1 ini, dirasa akan sangat membantu para mahasiswa dalam memperdalam dan memperkaya ilmu pengetahuan kimia. Selain itu buku ini juga dapat menjadi buku pedoman bagi para mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen berkaitan dengan ilmu kimia.

Didalam buku ini kita akan diajak "berkenalan" secara intensif dengan ilmu kimia. Mengubah paradigma sebagian besar mahasiswa yang menganggap bahwa kimia adalah ilmu yang sulit untuk dimengerti. Pemaparan yang begitu rinci serta mendalam mengenai suatu topik bahasan kimia dijelaskan satu per satu tanpa ada satu bahasan pun yang terlewat. Mengubah momok kimia di mata mahasiswa yang menakutkan menjadi sesuatu yang istimewa dan menarik untuk dipelajari serta didalami.

Terbagi menjadi sembilan bab yang pada masing-masing bab membahas mengenai suatu materi kimia terkini, seperti pada Bab 5 dimana judul materinya adalah Kesetimbangan Kimia. Bab Kesetimbangan Kimia ini mencakup pemahaman mengenai Prinsip Kesetimbangan Kimia, Sistem Kesetimbangan Heterogen, Tetapan Kesetimbangan dan Energi Bebas, Pemecahan Masalah Kesetimbangan dan Pergeseran Posisi Kesetimbangan. Dimana Judul dari setiap bab nya telah disusun sedemikian rupa oleh pengarang sesuai dengan kurikulum terkini yang dibutuhkan oleh para mahasiswa. Didukung pula oleh lampiran serta gambar ilustrasi dari setiap bahasan materi sehingga akan sangat memperjelas dan tentunya menimbulkan minat, ketertarikan serta rasa ingin tahu yang tinggi terhadap ilmu kimia. Setelah dirasa mahasiswa mampu untuk memahami isi materi yang disajikan, kemudian mahasiswa dapat menantang dirinya sebagai tolak ukur pencapaian kompetensi dengan menyelesaikan soal-soal yang telah disajikan pengarang pada setiap materi pada bab nya. Tentunya sebagai bahan acuan untuk dapat menyelesaikan soal-soal dengan benar telah disajikan oleh pengarang rangkuman pada setiap bab nya serta contoh-contoh soal yang terkait.
 
3.) Ulasan
Kelebihan :
Di dalam buku ini, pedalogi materi subjek yang diterapkan untuk mengeksplanasi konsep-konsep dasar ilmu kimia menggunakan pendekatan konsep. Sehingga dapat lebih sesuai dengan ekologi kognitif mahasiswa.

Buku ini memuat contoh-contoh dan analogi yang bervariatif sehingga dapat digunakan oleh mahasiswa di luar program studi kimia. Contoh dalam bentuk soal maupun contoh dalam bentuk eksplanasi pedagogi memuat aspek-aspek yang disesuaikan dengan karakter konsep dan tuntutan akademis, baik program studi kimia maupun program studi di luar kimia.

Pada setiap bab nya terdapat rangkuman yang akan memudahkan para mahasiswa dalam mengingat kembali materi yang telah dipelajari. Selain itu pada bagian pojok buku terdapat gambar ilustrasi yang akan mempermudah mahasiswa mengembangkan materi dan pola pikir imajinatifnya.

Kekurangan :
Dari segi Fisik buku Kimia Dasar ini memiliki kelemahan pada ketebalan halaman. Ketebalan halaman membuat buku ini menjadi sedikit berat ketika harus dibawa-bawa. Hal ini juga mungkin disebabkan oleh pemilihan kertas yang kurang sesuai.

Warna yang terdapat pada bagian buku ini didominasi oleh hitam, padahal ada bagian-bagian tertentu seperti ilustrasi gambar yang dapat diberikan sentuhan warna agar terlihat lebih menarik.

4.) Penutup
Terlepas dari kekurangan fisiknya, buku karangan Yayan Sunarya ini dapat menjadi salah satu buku pedoman wajib yang dimiliki oleh para mahasiswa baik program studi kimia maupun program studi di luar kimia.




Pustaka : Sunarya, Yayan. 2014. Kimia Dasar 1. Bandung : YRAMA WIDYA.











1 komentar:

  1. @C03-ARIF
    Setelah saya membaca resensi buku kimia dasar 1 dari dini syarah,kesan yang saya dapat reensi buku ini sudah baik, sinopsisnya sudah menjelaskan gambaran isi dari buku tersebut.
    mungkin saran yang dapat saya berikan agar resensi buku ini lebih baik adalah menyamakan tahun terbit pada identitas buku dengan pustaka.
    terimakasih

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.