.

Sabtu, 17 September 2016

Resensi - Pengantar Ekonomi Makro Vol.2 Edisi Asia








Judul Buku













: Pengantar Ekonomi Makro Vol.2 Edisi    Asia
Penulis
: N. Gregory Mankiw, Euston Quah, Peter Wilson
Penerbit
: Salemba Empat
Jumlah Halaman
: 360 hlm
Dimensi
: 21 X 28 Cm
Harga
: Rp100.000,00





Kajian-kajian ilmiah terkait perekonomian terus dikembangkan sebagai antisipasi masalah-masalah yang mungkin timbul dari gejolak perekonomian yang mengancam kesejahteraan masyarakat. Berbagai pendekatan, mulai dari pendekatan secara normatif maupun positif, ditujukan tidak lain dan tidak bukan untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.
Buku Pengantar Ekonomi Makro yang dikarang oleh N. Gregory Mankiw, Euston Quah, dan Peter Wilson merupakan salah satu buku pengantar ekonomi yang menyajikan dasar-dasar ilmu ekonomi makro. Buku yang memiliki judul asli “The Principles of Economics” ini telah diterjemahkan kedalam 20 bahasa diseluruh dunia, dan salah satunya adalah bahasa Indonesia. N. Gregory Mankiw sendiri merupakan profesor ekonomi di Hardvard University. Sepak terjangnya dalam perekonomian cukup memiliki andil yang besar. Beliau pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Ekonomi Presiden Amerika Serikat dari tahun 2003-2005 dan sekarang juga masih aktif sebagai penasihat Federal Reserve Bank of Boston (Bank Sentral AS Distrik Boston). Sementara Euston Quah merupakan profesor di Nanyang Technology University (NTU) Singapore dan juga pernah menjabat sebagai penasihat di sejumlah kementrian dan lembaga perundangan di Singapura. Lalu, Peter Wilson merupakan konsultan untuk Monetary Authority of Singapore (Departemen Kebijakan Ekonomi di Lembaga Moneter Singapura) dan pernah menjadi profesor di National Iniversity of Singapore jurusan Ekonomi pada tahun 1989-2007.
Buku ini menempatkan pembaca sebagai orang yang pertama kali mempelajari ilmu ekonomi, sehingga pembahasan mengenai materi-materi yang ada disajikan dengan bahasa yang ringan dan santai namun tepat. Selain bahasa yang ringan, buku ini juga menyajikan banyak studi kasus sebagai gambaran nyata dan penerapan dari materi-materi yang ada. Sehingga, pembaca tidak hanya mengetahui teori-teori saja, namun juga dapat menerapkan ilmu yang sudah didapat dalam kehidupan sehari-hari. Selain kolom studi kasus, buku ini juga menyajikan kolom “Bahas Berita” dan kolom “Tahukah Anda?” yang akan semakin memperluas wawasan pembaca mengenai peristiwa-peristiwa ekonomi yang terkait dengan materi yang dibahas. Selain itu, cuplikan komik-komik kecil sering menghiasi isi buku ini sebagai intermeso disela-sela materi yang disampaikan oleh pengarang. Selain kandungan buku yang apik, secara teknis buku ini juga memeberikan kenyamanan kepada pembaca saat membaca buku ini. Ukuran buku yang proporsional dengan kandungan buku yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil membuat pembaca lebih nyaman ketika menyelam kedalam bahasan buku ini. Selain itu, kertas yang digunakan yaitu jenis kertas Art Book yang memiliki sifat sepia. Hal ini membuat pembaca tidak akan cepat lelah ketika membaca buku ini dalam waktu yang relatif lama karena tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap.
Namun, buku ini terlalu berfokus pada perekonomian Amerika Serikat saja. Walaupun judul buku ini terdapat kata “edisi Asia”, namun ternyata hal itu hanya meliputi aspek bahasa saja. Sehingga, pembahasan-pembahasan yang ada, terkadang kurang cocok jika diterapkan di benua yang berjulukan Atap Dunia ini.
Buku ini sangat cocok digunakan bagi orang yang pertama kali mempelajari ilmu ekonomi. Penulis membimbing kedalam kerangka berpikir seorang ekonom dengan diksi dan gaya bahasa pengarang yang sangat renyah bagi pemabaca dari kalangan tersebut. Namun begitu pula sebaliknya, buku ini kurang cocok bagi golongan yang sudah memahami kerangka berpikir ekonom secara garis besar. Terkadang, akan terbesit bahwa buku ini terlalu banyak bahasan-bahasan pengantar sehingga terlihat membosankan. Tetapi, secara overall, buku ini sangat cocok dikonsumsi oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.