.

Jumat, 16 September 2016

Resensi Buku Pengantar Teknik Industri

MEMBONGKAR PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI

Main Mapp
Identitas Buku
Judul                     : PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI
Pengarang            : Sukaria Sinulingga
Penerbit                : PT. Graha Ilmu
Tempat Terbit       : Yogyakarta
Tahun Terbit         : 2008
Cetakan                : Pertama, Maret 2008
Ukuran                 : 1 Jil = 23 cm
Jumlah Halaman  : xii, 368 Halaman
No. ISBN             : 978 – 979 – 756 – 293 – 9
Harga                   : Rp. 99,800 ,-
Cover                   :
Resensi Buku
Riwayat Kepengarangan
Sukaria Sinulingga lahir di Tanah Karo pada tanggal 27 Desember 1945. Beliau mendapatkan gelar sarjana teknik industri diawal tahun 1973. Mengembangkan diri dengan mengikuti pendidikan pascasarjana di program pascasarjana ITB, dalam kluster pengembangan Teknologi Industri yahun 1977 dan Asian institute of technology (AIT) Bangkok bidang Industrial Enggineering and Management yang memberinya gelar Master of Enggineering (M.Eng) tahun1981. Setelah menamatkan studi di AIT, beliau diangkat menjadi Pembantu Dekan I Fakultas Teknik USU.
Selesai menunaikan tugas sebagai Pembantu Dekan I, tahun 1985 penulis melanjutkan studi Program Doktor di School of Manufakturing, Cranfield Institute of Technology (CIT) dalam bidang  Production Control di United Kingdom dan mendapat gelar Doctor of Philosophy awal tahun 1989. Saat ini penulis menjabat sebagai Pembantu Rektor Universitas Sumatra Utara dalam bidang Perencanaan dan Kerjasama.
Sinopsis/Rinkasan Buku
Suatu hal yang nyata ialah teknik industri adalah bagian dari ilmu engineering bukan disiplin ilmu sosial atau sains. Sejarah tumbuhnya disiplin ilmu ini menjelaskan bahwa faktor kesulitan disiplin ilmu teknik yang lebih tua dalam memahami dunia nyata khususnya tentang joint impact ilmu keteknikan dan ilmu sosial bagi masyarakat yang mendorong tumbuhnya ilmu teknik industri karena kedua bidang ilmu tersebut hanya mampu menggunakan bahasa khas masing – masing. Hal ini terbukti dari pernyataan Henry Towne dari Yale and Towne Company bahwa seorang insinyur harus mampu menjelaskan aspek profitabilitas dari setiap keputusan engineering yang diambilnya. Pernyataan ini sangat logis karena apapun yang diputuskan oleh seorang insinyur, penilaian tentang kualitas keputusan tersebut bukan aspe keteknikan tetapi aspek ekonomi dan keuangan bagi masyarakat. Bagus tidaknya sebuah jembatan yang dibangun sama sekali tidak terlihat dari kekekaran dan keindahan jembatan tersebut roda ekonomi wilayah hinterlandnya berputar dengan lebih cepat, berapa besar dampak ekonomi dan sosialnya, apakah investasi pembangunan jembatan tersebut masih wajar dibandingkan dengan dampak positif tersebut. Semuanya harus dijelaskan secara kuantitatif  untuk dapat dievaluasi oleh pihak pengambilan keputusan.
Kelebihan dan Kekurangan Buku
Kelebihan
  1. Cover buku cukup menarik dan sesuai dengan materi yang diambil.
  2. Buku ini membeberkan tentang Pengertian Teknik Industri secara menyeluruh dengan cukup akurat.
  3. Buku ini ditulis dengan tujuan untuk melengkapi referensi bagi para pembaca khususnya yang sedang mempelajari Teknik Industri.
  4. Buku ini mengajarkan kita akan pentingnya ilmu dan teknologi secara menyeluruh dengan usaha dan kerja keras.
Kekurangan
  1. Secara implisit buku tersebut ditulis dengan kurang teliti sehingga terdapat kata – kata yang diulang/double, meski demikian buku ini cukup memberikan wawasan dan sesuatu yang relatif baru untuk memenuhi selera pembaca.
  2. Buku tersebut terkesan “Cukup Mahal”

Penutup
Mengingat luasnya cakupan teknik industri maka sangat sulit membatasi diri dengan hanya mengambil sebagian saja karena dikhawatirkan mahasiswa/pelajar tidak mendapatkan penjelasan yang utuh tenteng teknik industrsi. Oleh karena itu, buku pengantar ini berisikan jumlah bab yang cukup banyak dengan bahasan disetiap babnya. Bahasan setiap bab dibatasi hanya sebagai pengantar yang apabila telah dipahami, para mahasiswa/pelajar akan mampu mempelajari body of knowledge dari masing – masing pokok bahasan tersebut. Gimana? Buku ini menarik bukan untuk dibaca. Ayoo berilah apresiasi buku ini dengan membaca dan memahami setiap pembahasannya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.