.

Jumat, 09 September 2016


Smartphone, Dua Jempol, dan Internet

Smartphone dengan dua jempol jari tangan merupakan satu paket yang tak dapat dipisahkan. karena jarang dari kita menggunakan jari telujuk  maupun jari tangan  lainnya dalam menggunakan smartphone. Kita dapat bayangkan bagaimana mengggunakan smartphone menggunakan jari tangan selain jempol / ibu jari tangan kita. Karena kemudahannya kita dapat menggunaan smartphone dimana saja dan kapan saja dengan mudah. Smartphone tanpa internet bagai sayur kurang garam terasa hambar, karena dalam dunia digital saat ini kebutuhan informasi menggunkan internet.



Perkembangan teknologi berjalan seiring dengan perkembangan dunia. Saat ini dunia internet telah  mengalami perkembangan yang sangat pesat terutama pada seluruh bidang di dunia seperti bisnis,pendidikan,hiburan,indistri dll. Pada bidang-bidang tersebut internet digunakan sebagai media untuk membantu pekerjaan orang-orang. Internet memiliki berbagai macam fungsi seperti fungsi komunikasi, pertukaran data, media pencari informasi dan masih banyak lagi. Salah satu fungsi internet yang paling banyak digunaka oleh penggunanya adalah sebagai sumber informasi. Dengan internet mereka bisa mendapatkan informasi dengan cepat dan mudah. 

Internet dapat dikatakan sebagai kebutuhan primer dalam gaya hidup kita sehari-hari. Karena kemudahan internet saat ini,  kita dapat mengakses berbagai macam kebutuhan dengan mengetik menggunakan “dua jempol” melalui smartphone yang kita miliki dengan cepat dan mudah. Berbagai macam aplikasi social media yang ada di smartphone membuat siapa saja dapat berhubungan dengan dengan orang lain dimana pun dia berada yang terhubung secara online. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun.

Ada Google, Facebook, Line, Twitter, Whatsapp, Instagram, Blogger, Ask.fm, Secret, serta bermacam-macam situs dan aplikasi internet lainnya yang menjadi pilihan para pengguna internet di Indonesia. Kebanyakan di antaranya adalah situs-situs yang memberikan layanan media sosial, di mana pengguna dapat mudah bersosialisasi dengan pengguna internet lainnya. Pada dasarnya semua media sosial memberikan tujuan pelayanan yang sama, yaitu memungkinan kita berinteraksi sosial, bertukar informasi dengan orang lain.



Maka tak jarang dari kita melihat seseorang sedang asyik menunduk dan mengetik menggunakan “ dua jempol nya” saat menggunakan smartphone baik sambil berjalan bahkan sampai berkendara. karena faktanya banyak orang-orang yang sering terlalu asik dengan gadget mereka masing-masing, yang terhubung dengan internet. Berinteraksi dengan orang yang lokasinya jauh dengan kita, justru malah membuat kita kurang berinteraksi dengan orang-orang yang berada di sekitar kita. Coba lihat di salah satu meja dengan beberapa orang yang berkumpul, hitunglah berapa orang yang tidak sibuk bermain media sosial di telepon genggamnya, seringkali lebih sedikit. Kemudian tidak jarang ketika orang lain berbicara di depannya, kita mendengarkannya dengan tatapan mata menuju layar telepon genggam, asik mengecek Instagram, sehingga kita menjadi kurang fokus. Saya yakin, orang yang berbicarapun menjadi kurang nyaman karena merasa tidak diperhatikan.

smartphone memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunaan internet. Peran masyakarat juga penting dalam membantu memanfaatkan internet secara positif dan bertanggung jawab. Alangkah lebih baik jika sedang menggunakan smartphone tidak sambil berkendara dan memperhatikan lingkungan sekitar agar hal yang tidak diinginkan terjadi  Hendaknya kita saling mengingatkan satu sama lain agar tercipta interaksi antarmanusia yang positif, aman, dan nyaman.


Daftar pustaka:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.