.

Jumat, 09 September 2016

JAKARTA BERSIH DARI SAMPAH DENGAN TEKNOLOGI MUTAKHIR ,APAKAH ITU ?




Teknologi Plasma contohnya !

Teknologi Plasma adalah teknologi yang bersumber dari gas yang terionisasi, terdiri dari partikel neutron, ion positif, ion negatif dan elektron yang merespon secara kuat medan magnet. Dengan adanya teknologi ini sampah-sampah skala besar yang menggunung di TPS mungkin akan menghilang. Cara kerja teknologi ini dalam hal sampah, yaitu memusnahkan sampah dengan cara di bakar umumnya di negara-negara maju pemusnah sampah menerapkan panas 1.400oC  sampai 6.000oC. Pada temperatur tinggi ini semua sampah seperti logam, bahan berbahaya, bahan silikon dan lainnya benar-benar melebur menjadi bentuk padatan gelasi sebagai terak yang tidak berbahaya. Plastik, senyawa biologis dan kimiawi serta gas beracun akan terurai sempurna sebagai unsur gas-gas sederhana terutama H₂ dan CO₂, disebut gas sintetis yang merupakan produk sampingan utama sebuah penghancur sampah menggunakan Teknologi Plasma.

Pada saat ini pemusnahan sampah hanya pada tingkat pengurangan jumlah dan daur ulang atau pemanfaatan kembali 3R(reduce, recycle dan reuse). Bila di tinjau kembali sampah sampah yang dengan skala besar bila menerapkan metode itu mungkin akan memakan waktu dan uang yang cukup banyak dan belum tentu maksimal, Beberapa metode dalam pemusnahan sampah :

  1. Komposting dan penimbunan. Cara ini mungkin hanya untuk sampah-sampah organik segar saja dan penguranga volumenya kurang signifikan, penimbunan sampah banyak menimbulkan masalah seperti longsor .
  2. Insinerasi. Metode ini memang efektif namun dengan cara pembakaran langsung mungkin banyak pula efek sampinhg yang akan di timbulkan, debu bertebaran dikarenakan proses pembakan di lahan terbuka dan setelah proses pembakaran selesai akan menimbulkan kerak yang belum bernilai ekonomis.
  3. Prolisis. Merupakan cara degradasi termal di dalam tungku dengan memanfaatkan kandungan karbonis dan oksigen dalam bahan sampah (tanpa bantuan oksigen dari udara luar) yang umum dilakukan pada proses pembuatan arang kayu.
  4. Grasifikasi. adalah proses pembakaran oksidasi-sebagian dari reaksi bahan karbonis sampah dengan  oksigen (murni atau dari udara) dan uap air.
  5. Busur plasma adalah teknologi konversi termal yang memanfaatkan panas dari busur listrik tegangan tinggi untuk memproses pemusnahan sampah. Siklus proses ini tertutup maka proses memungkinkan penggunaan kembali energi dari hasil pemrosesan bahan.


Penerapan Teknologi Plasma sangat memungkinkan dan akan sangat efektif bila di terapkan di ibukota jakarta. TPS dengan sampah yang segunung itu mungkin akan cepat musnah dan hilang bila adanya teknology ini, Namun dengan adanya metode ini tentu pekerja-pekerja seperti pemulung tidak serta merta menghilang begitu saja. Sebagian sampah dapat di kumpukan menurut jenis-jenis bahan untuk di daur ulang. Dan dengan metode Plasma bukan saja sampah di ibukota yang dapat di tanggulangi, berbagai lumpur kota, sungai dan industri pun dapat di konversikan menjadi sejumlah produk pemusnah sampah mutakhir.
Referensi :
- Netiatechno . 2013 . Teknologi Plasma : www.nerims.wordpress.com
- Sonny Djatnika Sunda Djaja . 2010 . Metallurgist - ITB74-Inkubator, Pemusnah Sampah Kota
- http://www.plasmatechno.com/
plasma-gasifikasi-sebuah-usaha-mengubah-sampah-kota-menjadi-energi/
- http://www.academia.edu/11239469/teknologi_pemusnah_sampah
- http://www.artech.co.id/pdf/Green_Incinerator_Id.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.