.

Jumat, 16 September 2016

Memahami Teknik-Teknik Dasar AutoCAD 2014


Judul Buku : AUTOCAD 2014 untuk Pemula
Penulis : Zico Pratama Putra S.T, M.Sc
Penerbit         : PT Elex Media Komputindo
Cetakan                 : I
Tahun Terbit : 2014
Jumlh Halaman : viii + 148


Buku ini, sesuai dengan judulnya “AUTOCAD 2014 untuk Pemula”, memberikan informasi yang lengkap kepada pembaca mengenai software AutoCad 2014 mulai dari situs resmi AutoDesk yang memberikan versi gratis bagi pelajar dan mahasiswa, cara menginstal software tersebut di computer, pengaturan-pengaturan awal sebelum memulai menggambar menggunakan Autocad dan teknik-teknik dasar dalam menggunakan software ini. Buku ini terbit tidak lama setelah software AutoCad 2014 dirilis sehingga bisa memberikan solusi bagi pembaca yang ingin menggunakan AutoCad 2014.

Buku ini ditulis oleh Zico Pratama Putra S.T, M.Sc, seseorang yang menamatkan pendidikan strata 1 nya di Institute Teknologi Bandung(ITB) pada jurusan Aeronautical/Astronautical Engineering. Setelah itu dia melanjutkan studi Master of Science-nya di Rhein-Waal University, Jerman dan lulus pada tahun 2014. Dan sekarang dia sedang mengambil konsentrasi ilmu komputer di Queen Mary University of London. Penulis berprofesi sebagai software analyst, IT business analyst dan system administrator. Penulis pernah bekerja di LyondellBasell, sebuah perusahaan multi-nasional yang berbasis di Netherlands dan juga pernah bekerja di Tech Mahindra, perusahaan multi-nasional penyedia layanan teknologi informasi, teknologi jaringan dan Business Process Outsourcing pada industri telekomunikasi yang berbasis di India. Saat menulis buku ini, penulis sedang berada di Jerman sehingga ada beberapa screen capture gambar pada buku yang menggunakan bahasa Jerman. Selain buku ini, penulis telah menulis beberapa buku lain seperti Visual C# .Net 2013 from Zero to Hero, Excel 2013 from Zero to Hero, dan Step By Step AutoCAD 2D & 3D + CD.

Informasi mengenai dari mana software AutoCAD bisa didapatkan secara gratis bagi pelajar dan tata cara penginstalan di computer menjadi awal dari pembahasan mengenai buku ini. Bab-bab selanjutnya diisi dengan pembahasan mengenai cara menjalankan AutoCAD, pengaturan dasar AutoCAD, pengenalan garis dan dasar gambar 2D, trik memodifikasi gambar 2D, pemberian symbol dan anotasi, penggunaan layer, membuat objek 3D dasar, trik memodifikasi objek 3D, dan membuat objek 3D solid.

Dalam setiap bab nya dijelaskan secara singkat mengenai fungsi icon-icon yang ada di lembar kerja AutoCAD. Langkah-langkah penggunaan fitur-fitur yang terdapat di AutoCAD 2014 juga diuraikan dengan lengkap dan berkesinambungan mulai dari yang paling sederhana yaitu membuat garis sampai yang rumit seperti membuat objek 3D solid. Penulis juga menyertakan gambar-gambar yang cukup banyak dan bahasa yang digunakan pun tidak berbelit-belit sehingga memudahkan pembaca dalam memahami langkah-langkah tersebut.

Namun dalam buku ini terdapat beberapa (tidak banyak) kesalahan kata dan penempatan langkah yang tidak sesui pada tempatnya sehingga dapat berpotensi membuat pembaca yang benar-benar awam mengenai AutoCAD menjadi sedikit bingung. Selain itu juga ada langkah-langkah yg dilewat sehingga pembaca merasa terpotong atau tidak tuntas dalam membaca, contohnya proses regristrasi software yang dilewati/tidak dibahas setelah proses instalasi selesai. Selain itu, gambar-gambar yang disediakan juga tidak berwarna.

Secara keseluruhan, isi yang terdapat dalam buku "AutoCAD 2014 untuk Pemula" ini layak untuk dijadikan buku panduan bagi seseorang yang ingin belajar menggunakan AutoCAD 2014. Selain informasi yang disajikan lengkap, penggunaan bentuk kalimat yang masih sederhana memudahkan pembaca memahami maksud kalimat walaupun ada beberapa kesalahan kata.

Mind Mapping



Referensi:

8 komentar:

  1. @C13-RIHADI,Tugas Tc06 (kuis)

    Penyuntingan untuk artikel tentang resensi bukunya sudah bagus, akantetapi pemilihan buku untuk yang dijadikan resensi tidak sesuai dengan kriteria tugas, untuk kriteria penulisan dan susunan kalimat sudah bagus terimakasih

    BalasHapus
  2. @C20-ERNA

    Dalam penyajian resensi buku ini cukup lengkap dan mungkin dalam pembahasan kekurangan bisa membuat menjadi kurang tertarik.

    BalasHapus
  3. @c11-MARIYADI , S ALBERTUS ASEP MARIYADI.

    MEMAHAMI TEKNIK TEKNIK DASAR AUTOCAD 2014.
    resensi buku yang di bahas ini memberikan banyak pemahaman yang menyeluruh tentang penggunaan dan tata cara dalam menggunakan autocad 2014.
    penggunaan program autocad kini tekah menyeluruh, menyentuh ke semua bidang, tidak terkecuali bidang industri, di industri sendiri penggunaan autocad sudah merupakan sesuatu keharusan. karena degan peggunaan autocad kita dapat mengetahui dan lebih memberikan pemahaman tentang hal yang akan kita kerjakan sebelum merealisasikan ke hal nyata.

    selian, terima kasih....

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Tugas Tc06, @C17-WASTIONO
    dalam penulisan resensi yang telah di uraikan oleh surya dwiatmaja sudah bagus rapi , resensi yang di lakukan telah jelas membuat pembaca yang akan membeli buku menjadi faham akan kebutuhan buku yang akan di belinya, riwayat dari seorang penulis juga di lampirkan dalam artikel ini jadi membuat pembaca faham mengenai kualitas buku dari sang penulis . EYD sudah cukup rapi. terimakasih.

    BalasHapus
  6. @C27-BURHANIDIN, TugasTC06 ( QUIS )

    menurut saya sudah cukup bagus untuk penulisan artikelnya, tapi kurang rapi dalam menata kalimatnya agar lebih menarik untuk di baca.

    BalasHapus
  7. Wismoyo Aris Munandar
    @c-30-WISMOYO

    menurut saya buku memahami teknik-teknik dasar autocad 2014 buku ini sangat cocok bagi pemula. Dari segi isi penulisannya banyak memberikan pemahaman dan pengetahuan.

    BalasHapus
  8. Wismoyo Aris Munandar
    @c-30-WISMOYO

    menurut saya buku memahami teknik-teknik dasar autocad 2014 buku ini sangat cocok bagi pemula. Dari segi isi penulisannya banyak memberikan pemahaman dan pengetahuan.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.