Teknologi VR adalah teknologi yang memungkinkan kita untuk berinteraksi dengan objek imajinasi dengan menggunakan komputer dan membawa kita kedalam suasana 3 dimensi yang seolah nyata.
Teknologi virtual reality membangkitkan suasana 3D dengan menggunakan beberapa alat tertentu yang membuat penggunanya seolah benar-benar mengalaminya di dunia nyata padahal sebenarnya simulasi yang ada di depannya adalah maya.
Sejarah VR
Menurut Herlangga,Virtual rality bermua dati sebuah prototype dari visi yang dibangun oleh Morton Heilig pada tahun 1962 yang bernama semosarama. Senosarama dibuat untuk menghadirkan pengalaman menonton sebuah film agar tampak nyata degnan melibatkan berbagai indra dalam hal ini berupa indea penglihatan, pendengaran, penciuman, dan sentuhan. Setelah itu, virtual reality makin berkembang dan makin canggih.
Pemanfaatan VR
Meskipun VR sering dikaitkan dengan bidang hiburan dan gamming, VR sendiri sebenarnya banyak digunakan diberbagai bidang lain, seperti:
1. Militer :
Militer memanfaatkan VR sebagai simulasi tempur, hal ini dapat mengurangi resiko cidera dan kematian jika prajurit melakukan kesalahan saat latihan.
2. Penegak Hukum :
Seperti hal nya militer, penegak hukum juga menggunakan VR untuk simulasi dalam menghadapi tindak kriminal yang mungkim membahayakan masyarakat, hal ini bertujuan untuk melatih penegak hukum dalam pertindak dalam situasi yang genting.
3. Kesehatan :
Dalam bidang kesehatan, VR biasanya digunakan untuk terami bagi orang-orang yang mengalami phobia. VR berguna untuk menganalisa gangguan yang dialami pasien.
4. Ruang Angkasa :
NASA memanfaatkan VR untuk melatih astronot sebelum diberangkatkan ke luat angkasa.
5. Olah Raga :
Para atlet menggunakan VR untuk berlatih agar bisa menganalisa kelemahan dan kelebihannya, juga digunakan untuk simulasi pertandingan.
6. Pariwisata :
Dalam bidang pariwisata, VR lebih digunakan untuk mempromosikan suatu objek wisata.
7. Otomotif :
Dalam bidang otomotif, VR digunakan untuk enguji coba purwa rupa dari produk yang akan mereka produksi.
Dan lain sebagainya.
Piranti yang biasanya digunakan untuk mendukung teknologi VR biasanya helm, walker, headset, sarung tangan dll.
Kelebihan Penggunaan VR
1. Memudahkan pekerjaan, karena dengan VR perancangan dapat dilihat lebih nyata.
2. Bisa menjadi simulator untuk latihan latihan yang beresiko.
3. Membantu pihak medis dalam menganalisa permasalahan pasien.
4. Memungkinkan simulasi yang lebih praktis dan ekonomis.
Dampak Negatif Penggunaan VR
1. Dapat menyebabkan hilangnya realitas seseorang karena penggunaan VR yang berlebihan.
2. Menyebabkan bersosialisasi semakin berkurang.
3. Menurunkan kualitas hidup karena terlalu asik dengan dunia maya.
4. Berpengaruh buruk untuk mata jika digunakan secara berlebihan.
Daftar Pusaka
Anonim.2017.Teknologi Virtual Reality.Carisinyal.dalam: https://carisinyal.com/teknologi-virtual-reality/
Akbar.2016.Pemanfaatan Virtual Reality di Berbagai Bidang.PCPLus.dalam:https://www.pcplus.co.id/2016/08/fitur/pemanfaatan-virtual-reality-di-berbagai-bidang/
Fajar.2015.Kelebihan dan Kekurangan Virtual Reality.dalam:https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=2&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwifmLe5gqrWAhUKWbwKHWW9BRkQFggsMAE&url=http%3A%2F%2Ffajarputraadi.blogspot.com%2F2015%2F06%2Fkelebihan-dan-kekurangan-virtual-reality.html&usg=AFQjCNFrGl-3033JW3J4a2Bpl9QqFvjOMQ
Gambar pada main map:
Jolly.2016.Augmented Reality vs. Virtual Reality: Which One Will Win.2VM.dalam: https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjp7L6t8qnWAhVQNbwKHZa4AkYQjhwIBQ&url=http%3A%2F%2Fblog.vergepipemedia.com%2Faugmented-reality-vs.-virtual-reality-which-one-will-win&psig=AFQjCNHi9mos_4l8Dz8E0Pq2DSSsDsF7cg&ust=1505657711981083
Herlangga.2016.Virtal Reality dan Perkembangannya.Code Politan. dalam: https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya
Herlangga, 2016
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.