.

Sabtu, 16 September 2017

INOVASI KOPI TERBARU


PENDAHULUAN
Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Pemrosesan kopi sebelum dapat diminum melalui proses panjang yaitu dari pemanenan biji kopi yang telah matang baik dengan cara mesin maupun dengan tangan kemudian dilakukan pemrosesan biji kopi dan pengeringan sebelum menjadi kopi gelondong.
Proses selanjutnya yaitu penyangraian dengan tingkat derajat yang bervariasi. Setelah penyangraian biji kopi digiling atau dihaluskan menjadi bubuk kopi sebelum kopi dapat diminum.
Menurut Ambarrita (2014), Kopi memiliki kandungan zat yang lebih banyak lagi seperti enzim N-methyltransferases yang berperan dalam pembentukan kafein. Peneliti menemukan jika enzim yang terdapat pada kafein dalam kopi saling terkait dengan genus tanaman kopi lainnya dibandingkan pada teh dan cokelat. Kafein pada kopi menjadi andalan untuk meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan kewaspadaan, dan diyakini mencegah alzheimer, dan menurunkan depresi.

MACAM-MACAM INOVASI KOPI TERBARU
Bagi para pengemar kopi, kini ada inovasi yang muncul terkait penyajian minuman berkafein ini.
1. CLEAR COFFE
Kopi ini bening jernih seperti air putih. Meski tanpa warna hitam rasa dan aromanya persis kopi biasa. Kopi bening ini bernama CLR CFF yang didirikan oleh dua orang bersaudara asal Slovakia David Nagy dan adiknya Adam. Selain karena siap minum dan rendah kalori, rasanya yang persis kopi tapi karena jernih maka tak akan menodai gigi . Pembuatnya bungkam soal proses pembuatan kopi ini. Mereka hanya menyebutkan kopi bening ini dibuat dari biji kopi Arabika dan menjelaskan bahwa produk itu dihasilkan dengan "metode yang belum pernah digunakan sebelumnya,” serta, “Karena kombinasi teknologi dan kualitas berbahan tinggi, tercipta rasa dan aroma yang unik.”

2. GOTH LATTE
Jika cafe latte pada umumnya yang terdiri dari espresso dan susu dan menghasilkan warna cokelat, maka goth latte ini berbeda. Tak hanya berbeda dari segi warna minumannya, goth latte juga berbeda dari segi rasa. Goth latte mengandung charcoal activated atau arang aktif sebagai bahan campurannya. Itu kenapa formula kopi dan susu seketika berubah warna menjadi hitam karena memang mendapat campuran dari arang aktif. Manfaat arang aktif sendiri cukup banyak yaitu dipercaya mampu membersihkan pencernaan manusia. Jadi zat yang terdapat pada arang aktif ini membantu membersihkan saluran pencernaan dari racun-racun yang tertinggal di dalam tubuh. Tak hanya itu arang aktif juga mampu meredakan kembung pada perut orang yang mengonsumsinya.

3. MUSHROOM COFFE
Pembuat kopi asal Finlandia, Tero Isokauppila, menciptakan kombinasi kopi dengan bahan lain yaitu jamur dan diyakini minuman ini memiliki kadar kafein yang sama namun tidak memilii efek kafein seperti kopi pada umumnya sehingga baik bagi kesehatan. Proses pembuatan kopi jamur itu dimulai dari mencairkan dan mengeringkan berbagai jenis jamur hingga menjadi ekstrak. Jamur yang digunakan dalam kopi ini diantaranya maitake dan chaga atau Inonotus obliquus. Ekstrak Jamur itu kemudian dicampur dengan kopi biasa. Jamur maitake dianggap dapat membantu mengatur kadar gula darah. Sedangkan jamur chaga yang memiliki sifat basa akan menetralkan asam dari kopi penyebab sakit perut.
Menurut Safira (2017), kandungan lain dalam jamur bisa meningkatkan fokus dan kemampuan berpikir. Penelitian menyebut bahwa jamur baik untuk mengurangi kecemasan dan membantu kerja kelenjar adrenal. Geranium, yang juga terdapat dalam jamur, memungkinkan tubuh menggunakan oksigen secara lebih efektif. Sekaligus mengurangi kerusakan yang disebabkan dari radikal bebas.

PENUTUP
Berbagai inovasi kopi ini muncul untuk memenuhi kebutuhan para konsumen atau penikmat kopi dalam hal kesehatan. Dapat dilihat dari pemanfaatan bahan-bahan tambahan lain yang berguna bagi kesehatan kita, namun tidak mengurangi rasa serta kenikmatan dari kopi itu sendiri.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.