.

Minggu, 10 September 2017

Mesin Bubut

Pembuatan Komponen Pesawat Menggunakan Mesin Bubut CNC Fanuc Series Oi Mate TC Berbasis Software AutoCAD 




Pendahuluan

                Kemajuan sains dan teknologi dewasa ini sudah sedemikian maju, namun sebagian komponen mesin yang kita perlukan sebagian besar masih impor. Penggunaan mesin perkakas CNC merupakan upaya untuk memenuhi tuntutan konsumen yang semakin tinggi, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Era industrialisasi dewasa ini telah meningkatkan kebutuhan dan penggunaan mesin perkakas CNC seiring dengan permintaan produk-produk komponen mesin yang presisi. Mesin perkakas CNC dapat memproduksi dan memperbaiki komponen mesin dengan kualitas yang tergantung pada beberapa faktor, antara lain: kualitas geometri mesin perkakas CNC, kualitas alat potong, dan keahlian operator/programmer.

                Berdasakan hal itu maka perlu digunakan mesin CNC dan serta software yang mudah untuk digunakan,maka dari itu hal ini akan menggunakan software Autocad melalui sofware pendamping seperti Mastercam x, untuk keperluan pemrogramman mesin CNC, melalui percobaan pembuatan benda kerja dengan menggunakan mesin bubut CNC Fanuc Series Oi Mate – TC

Pemrograman dengan bantuan komputer eksternal, memudahkan kita dalam penentuan informasi geometris (titik-titik koordinat target) dengan bantuan sistem pemrograman yang menggunakan PC yang dilengkapi dengan fasilitas CAD (Computer Aided Design) dan CAM (Computer Aided Manufacture). CAD digunakan untuk mendesain gambar produk, sedangkan CAM digunakan untuk membuat program dalam membentuk produk sesuai dengan gambar. Dengan bantuan CAM ini, kita diberi kesempatan untuk membuat rancana pengerjaan suatu produk sesuai dengan langkah sebenarnya--(http://file.upi.edu/Direktori/FPTK/JUR._PEND._TEKNIK_MESIN/196805011993021-YAYAT/modul_bubut__CNC_2.pdf - Diakses 10 september 2017)


Mesin CNC Fanuc Series Oi Mate–TC

          Mesin CNC Fanuc Series Oi Mate – TC  merupakan mesin bubut jenis PU (Production Unit). Karakteristik mesin ini sama dengan mesin–mesin CNC pada umumnya, akan tetapi perbedaan yang paling mencolok adalah pada proses input data pada control unit yang dimiliki oleh CNC ini. Software pemrogramman mesin ini dapat juga melalui free software swansoft CNC (SSCNC) yang dapat diunduh dari internet. Software ini merupakan software aplikasi yang apabila dioperasikan akan menampilkan gambaran tombol–tombol yang ada pada mesin CNC sesungguhnya. Dalam tampilannya juga terdapat tampilan input data yang dimasukkan oleh operator.



(www.advenbarus.blogspot.com – Diakses 10 September 2017) -- contoh dari Mesin Bubut CNC Fanuc




















(www.fanuc.eu – Diakses 10 september 2017) -- contoh dari tombol kontrol pada bubut CNC fanuc


Software AutoCAD

Software AutoCAD merupakan salah satu program desain dengan bantuan komputer yang sangat populer dibandingkan program sejenis lainnya. Sejak pertama diciptakan oleh Autodesk Corporation hingga ke luarnya release 2006, AutoCAD mengalami perkembangan yang sangat fenomenal dan mempunyai andil besar dalam perkembangan industri manufacturing dewasa ini. Secara perlahan tapi pasti AutoCAD telah melakukan otomatisasi gambar, menggantikan fungsi manual yang selama ini mendominasi pekerjaan di segala bidang.

 Suatu produk kompoen mesin pada umumnya diawali dengan desain berupa gambar sket/draft, selanjutnya dikembangkan menjadi gambar teknik yang dapat dipahami oleh ahli yang akan membuatnya. Agar dapat dipahami oleh semua kalangan, maka dibuatlah standar gambar teknik melalui Institut for Standar Organisation (ISO).
Software AutoCAD merupakan sebuah program CAD yang cukup dikenal oleh kalangan designer dan drafter karena menawarkan berbagai kemudahan dan keunggulan. Software AutoCAD terbukti dapat mempermudah kerja para designer dan drafter dalam memvisualisasikan ide dan gagasan mereka. Software AutoCAD diciptakan atau dikeluarkan oleh Autodesk Corporation pada tahun 1982. Mulai dari pertama kali diciptakan sampai dengan produk terbaru yang diluncurkan, software AutoCAD terus mengalami perkembangan dan mampu berperan besar bagi perkembangan teknologi CAD saat ini.


Transfer AutoCAD ke Mastercam X

Software Mastercam X merupakan software CAD/CAM, dimana dapat digunakan untuk membuat gambar/design suatu obyek dan juga dapat digunakan untuk menghasilkan NC code. .Pada Software Mastercam X terdapat fasilitas untuk dapat mengambil file gambar dari software lain, seperti AutoCAD, Pro Engineering, Catia, Solidworks, Inventor, dll. Dari fungsi tersebut memberikan keuntungan bahwa software tersebut sangat membantu seorang engineering untuk dapat merekayasa suatu project. Mastercam X adalah sebuah perangkat lunak computer berbasis CAD/CAM yang sering digunakan oleh berbagai macam perusahaan manufaktur. Mastercam X memiliki fasilitas-fasilits computer grafis yang menungkinkan penggunaannya untuk melakukan berbagai bentuk simulasi proses permesinan (machining) sebelum diimplementasikan pada proses permesinan yang sesungguhnya berbasiskan Computer Numeric Controlled (CNC based).
Adapun keunggulan software ini antara lain:
(1)    Hasil program CNC dapat dieksekusi terlebih dahulu, bila ada kesalahan atau error program tidak dapat dieksekusi,
(2)    Simulasi pembuatan benda kerja dapat dilihat langsung hasilnya, dapat dilihat dalam tampilan tiga dimensi,
(3)    Dapat dilakukan transfer file dari gambar AutoCAD ke software Mastercam X, sehingga mempermudah membuat program CNC,
(4)    Hasil program CNC dari software ini dapat disimpan di disket, dan dapat langsung digunakan pada mesin perkakas CNC dengan melakukan penyesuaian (konversi) yang sesuai merek mesin CNC yang digunakannya, dan
(5)    Dapat di install ke komputer pentium pada umumnya.


Pelaksanaan atau Pembuatan Komponen Pesawat

Dalam hal ini merupakan proses inti, pembuatan komponen pesawat, komponen pesawat yang awalnya berasal dari material mentah berupa besi, baja ataupun SUS (stainless steel) . Pengerjaan menggunakan CNC Fanuc Series Oi Mate – TC. Pembuatan benda kerja diawali dengan desain menggunakan software AutoCAD 2006. Desain gambar dalam bentuk file AutoCAD di transfer ke software MasterCam X. Dari Software mastercam x akan keluar NC Code selanjutnya dapat dipindah ke mesin CNC Fanuc Series Oi Mate–TC secara manual maupun kabel RS232 (LAN) Bahan penelitian ini berupa row material yang disesuaikan dengan komponen aslinya. Proses machining dilakukan sebelum komponen melalui proses hardening (pengerasan) sehingga tidak merusak tool mesin CNC yang akan mengerjakannya. Bahan penelitian diupayakan sama dengan aslinya, terutama dalam hal dimensi dan kepresisian pengerjaan mesinnya.


Ditulis oleh : Aji Dewantoro - Taman Cibodas/Tanggerang/Banten
10 September 2017


Daftar Pustaka :

  • Lilih, dkk. 2001. Mesin Milling CNC TU-3A. Surabaya: Laboratorium CNC-BLPT Surabaya


  • Sanusi Muzammil, 2006. Permodelan Elemen dan Konsep Mesin dengan AutoCAD 3D. Jakarta: Elex Media komputindo


  • Tambunan Tigor, 2006. Belajar Sendiri Mastercam Versi 9. Jakarta: Elex Media komputindo

  • Winpec Solution, 2006. Bisa Menggambar 2D Dengan AutoCAD 2006. Jakarta: Elex Media komputindo


  • Gambar 1 refrensi, www.advenbarus.blogspot.com – Diakses 10 September 2017


  • Gambar 2 refrensi, www.fanuc.ue – Diakses 10 september 2017)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.