.

Sabtu, 16 September 2017

Sampah Plastik Menjadi Uang

Industri Sampah Plastik


Kebutuhan plastik untuk berbagai macam kebutuhan terus meningkat seiring perkembangan zaman. Tahukah Anda bahwa Indonesia adalah negara yang memproduksi plastik terbesar di Asia Tenggara? jawabannya mungkin sebagian dari beberapa kalangan tahu akan hal ini, namun perkembangan plastik di Indonesia kian berkembang pesat dari segi pembuatan material plastik, perkembangan dan penjualan plastik di Indonesia. Di Indonesia sendiri sudah banyak berdiri perusahaan plastik yang berbasis mengelolah sampah plastik menjadi biji plastik ataupun produk yang langsung jadi dan bisa langsung dipakai, kita ambil sebagai contoh terpal untuk Jalan Beton. PT Payung Plastik adalah salah satu perusahaan yang memproduksi terpal plastik untuk jalan beton. Jika Anda melihat pekerjaan jalan beton dengan kerangka dan cor semen, ada 1 material faktor pendukung guna memastikan ke akuratan dan kesetabilan jalan yaitu terpal plastik, biasanya berwarna hijau seperti dibawah gambar ini.
Jalan yang sedang di cor beton dengan terpal plastik
terpal ini menjadi bisnis yang penting untuk industri plastik dimanapun khususnya di Indonesia, dengan produksi yang murah dan bahan baku bisa menggunakan recycle dari sampah atau material yang digiling dan dijadikan kembali menjadi plastik. Bisnis ini sangat menjadi primadona perusahaan-perusahaan berkembang yang ada di Indonesia, tentunya perusahaan yang bergerak di bidang Industri Plastik.

Kebutuhan produksi plastik di Indonesia banyak digunakan untuk berbagai kalangan untuk ini salah satu perusahaan yang memproduksi sampah plastik menjadi plastik daur ulang adalah PT Asticon Indoplast yang berada di Tangerang Cipuka. Mereka menerima limbah sampah plastik  dari warga sekitar dan beberapa kolega dari perusahaannya, setelah menerima limbah plastik yang tak terpakai, limbah plastik ini didaur ulang dan dicuci sedemikian rupa agar bisa dimasukan ke mesin Extruder pembuat Biji Plastik. Biji plastik yang sudah dibentuk dan dikeringkan sesuai permintaan pasar akan di distribusi kebeberapa perusahaan yang memesan biji plastik tersebut. 

Selain menjual biji plastik, PT Asticon Indoplast juga membuat terpal plastik untuk bahan pengecoran jalan, ini adalah salah satu bentuk sirkulasi sampah menjadi uang. Jika dipersunting lebih lanjut pembuatan biji plastik ini berawal dari sampah yang tidak terpakai dan dikelola agar bisa menghasilkan nilai jual yang lebih dan bisa berguna untuk kebutuhan pasar.

Jadi bagi kita khususnya belajar Teknik Industri atau kewirausahaan, ini tentunya bisa jadi rekomen yang bagus untuk membuka peluang usaha, apalagi kebutuhan penggunaan plastik di Indonesia terbesar di Asia tenggara.

Terima Kasih kepada PT Asticon Indoplast yang memperbolehkan membahas sistem kerja dari industri pengelolahan limbah plastik menjadi nilai jual

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.