.

Sabtu, 16 September 2017

Sistem autopilot mobil

Nama : sarioktaviyani
Nim : 41616110102

Mobil Auto pilot adalah sistem mekanik yang memandu sebuah kendaraan tanpa cmpur tangan manusia. Sistem auto pilot saat ini tengah dikembangkan oleh banyak ahli teknologi yang bekerja sama dengan perusahaan – perusahaan besar pada bidang transportasi mobil. Banyak pengembang saat ini telah mencoba menerapkan sistem auto pilot pada mobil dan mencoba test drive di lapangan. Namun sampai saat ini sistem auto pilot masih belum banyak digunakan karena masih memiliki beberapa kekurangan. Mungkin bagi banyak orang awam belum mengetahui bagaimana cara kerja sistem auto pilot pada mobil yang memungkinkan mobil tersebut dapat dijalankan meskipun tanpa campur tangan manusia. Akan dijelaskan bagaimana cara kerja sistem auto pilot pada mobil dalam pembahasan.

 Berikut adalah beberapa teknologi yang digunakan dalam sistem auto pilot dan juga cara kerja teknologi tersebut pada sistem auto pilot mobil.

1. TAP (Temporary Auto Pilot)
yang memungkinkan mobil tersebut dapan berjalan secara otomatis adalah TAP. TAP atau Temporary Auto Pilot car adalah Sistem yang digunakan pada banyak mobil auto pilot. Prinsip kerja mobil TAP menggunakan sensor laser yang dipasang di mobil yang akan mendeteksi garis putih di tepi jalan dan tengah jalan sebagai pemandu mobil agar berada pada jalur yang benar. Sensor laser tersebut juga mamou mendeteksi penghalang dan juga kendaraan lain yang ada di depan dan belakang mobil dan akan melakukan pengereman secara perlahan berdasarkan jarak dan kecepatan mobil tersebut terhadap objek yang ada di depannya sehingga memungkinkannya terhindar dari kecelakaan atau tabrakan. Teknologi TAP juga mampu melakukan perkir secara otomatis dan gerakan mundur dengan sempurna karna adanya sensor – sensor yang dipasang dan sepenuhnya tanpa campur tangan si pegemudi yang ada dalam mobil tersebut. Dengan adanya teknologi ini pengemudi dapat terbantu dan juga bisa santai di dalam mobil sambil menelepon atau membaca tanpa harus khawatir akan terjadinya bahaya. Dalam perjalanan jauh, ketika sudah lelah pengemudi juga dapat istirahat dengan tenang tanpa harus berhenti, karena mobilnya secara otomatis berkendara dengan sendirinya hingga tujuan. Teknologi lain yang digunakan selain TAP taadi adalah cruise control dan lane assist. Kedua teknologi ini sering dikombinasikan sebagai teknologi dalam sistem autopilot.

2. Cruise Control
Cruise Control adalah teknologi yang memberikan pengemudi kebebasan mengendarai mobil pada kecepatan yang stabil tanpa harus terus menerus menginjak pedal gas. Saat pengemudi menginginkan moblinya bergerak pada kecepatan yang konstan, pengemudi tersebut harus melarikan mobilnya pada kecepatan yang diinginkannya untuk kemudian mengaktifkan fungsi cruise control ini. Setelah sistem yang dapat dikontrol dengan tombol ini diaktifkan, pengemudi tidak harus menekan pedal gas lagi. Pada umumnya, cruise control tidak bisa diaktifkan jika kecepatan mobil masih dibawah 40 km/jam.

3. Lane Assist
Lane assist dapat membantu mobil anda keluar dari jalurnya, mengurangi kemungkinan kecelakaan dan membuat perjalanan panjang pada jalan tol menjadi jauh lebih aman. Jika sensor pada mobil anda merasakan anda keluar dari jalur mengemudi, sistem ini akan mengarahkan mobil anda pada jalur yang benar, Sistem assist lane ini dapat dikatakan seperti teman mengemudi anda. Karena banyak terjadi kecelakaan akibat mobil yang keluar jalur karena konsentrasi pengemudi berkurang atau karena mengantuk. Sistem ini tentu membuat sang pengemudi menjadi lebih aman dan lebih udak dalam berkendara. Sistem ini menggunakan kamera yang biasanya terletak pada unit cermin spion untuk memonitor jalur jalan dan mencegah penyimpangan jalur yang tidak diinginkan.
Berikut contoh mobil autopilot adalah :
1.         New Xc90 buatan Volvo - Swedia
2.         Driverleas Nissan leas - Oxford
3.         Audi A7 autonomus car. Dll

https://www.semisena.com/11038/tesla-luncurkan-sistem-autopilot-untuk-mobil.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Pilot_otomatis
http://ilhamdwigo.blogspot.co.id/2013/04/mobil-autopilot.html
http://news.okezone.com/read/2016/12/14/15/1566411/merek-mobil-tanpa-sopir- google-diberi-nama-waymo
https://www.beritateknologi.com/mobil-dengan-fitur-autopilot-tesla-alami-kecelakaan- pengendara-meninggal-dunia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.