.

Sabtu, 10 September 2016

Aplikasi Permainan Pokemon Go



Pendahuluan :
1.       Latar belakang masalah :

Beberapa bulan terakhir dunia di buat geger dengan sebuah aplikasi permainan yang bernama Pokemon Go, aplikasi permainan yang kini tengah digandrungi di dunia.
Diciptakan pertama kali oleh Satoshi Tajiri pada 1995, awalnya game ini adalah seri permainan video yang identik dengan konsol Game Boy dan Nintendo.

Namun kini dengan menggunakan GPS, para pemburu monster dapat memburunya secara virtual di dunia nyata, seperti Pikachu, Jigglypuff, dan makhluk lainnya di tempat-tempat yang dekat dengan lokasi ponsel pintar.

Dengan kata lain permainan ini mengabungkan antara visual dunia nyata dengan dunia maya menggunakan sebuah sebuah teknologi aplikasi computer dari smartphone.

2.       Rumusan masalah :

a.       Bagaimana Hubungan antara Aplikasi Permainan Pokemon Go dengan Teknologi dan Sains?

3.       Tujuan :

Mengetahui hubungan antara Aplikasi Permainan Pokemon Go dengan teknologi dan Sains.

Pembahasan :            
1.       Pengertian Sains, Teknologi dan Aplikasi Permainan Pokemon Go.

Sains adalah suatu cara untuk mempelajari aspek -aspek tertentu dari alam secara terorganisir, sistematik dan melalui metode-metode saintifik yang terbakukan. ruang lingkup sains terbatas pada pada hal - hal yang dapat dipahami oleh indera (penglihatan, sentuhan, pendengaran, rabaan dan pengecapan)

Teknologi, secara etimologi, kata teknologi berasal dari perpaduan dua buah akar kata yaitu ‘techne’ atau ‘techton’ dan ‘logos’, keduanya berasal dari bahasa Yunani. Techton atau techne berarti keterampilan, logos tentu saja berarti ilmu. Sehingga secara sederhana teknologi dapat diartikan sebagai ilmu tentang keterampilan.

Aplikasi permainan. 
Aplikasi suatu program komputer yang dibuat untuk mengerjakan dan melaksanakan tugas khusus dari pengguna.
Game (permainan) secara umum adalah sebuah sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan.
Aplikasi Permainan adalah program computer yang diciptakan untuk mengisi waktu luang yang bertujuan untuk menghibur pengguna computer.

Aplikasi Permainan Pokemon Go merupakan game gratis untuk Android dan iOS, yang mengizinkan pemainnya untuk menangkap Pokemon yang tersembunyi di berbagai lokasi dunia nyata. Permainan ini sebenarnya merupakan adaptasi dari film Pokémon  (singkatan dari nama Jepang Pocket Monsters (ポケットモンスター Poketto Monsutā) adalah salah satu serial animasi asal Jepang yang disutradarai oleh Kunihiko Yuyama, yang masih tetap berjalan dan ditayangkan hingga saat ini.

2.       Hubungan antara Sains dan Teknologi dengan Aplikasi Permainan Pokemon Go.

Sains sendiri memiliki arti sebagai suatu ilmu yang secara konsisten mengatur serta mempelajari sagala hal yang terdapat di alam semesta yang kita tempati ini. Sehingga mampu diuji serta dibuktikan kebenarannya. Sains ini hanya mampu dipelajari karena bentuknya tidak terwujud. Sedangkan teknologi, merupakan penerapan sains yang bisa kita gunakan sehari – hari dan bisa kita nikmati hingga saat ini.

Hubungan antara Sains dan Teknologi dengan Aplikasi Permainan Pokemon Go.

Aplikasi Permainan Pokemon Go sebenarnya sama dengan aplikasi permainan lainnya yang memanfaatkan teknologi informasi (program computer) untuk menjalankannya. Bedanya hanya pada konsep permainan yang mengabungkan visual dunia nyata dengan visual dunia maya melalui sebuah program aplikasi.
Dalam permainan ini kita di haruskan untuk melakukan perjalanan untuk dapat menemukan berbagai pokemon liar. Pada saat kita dekat dengan posisi pokemon liar yang ada di sekitar kita maka secara otomatis handphone kita akan bergetar yang menandakan jika ada pokemon liar dekat dengan kita.

Aplikasi ini menggunakan kombinasi teknologi (penerapan sains) Kamera HP, GPS, dan Sensor Gerak Gyroscope Handphone untuk dapat bekerja. Kemera digunakan sebagai jembatan atau penghubung antara dunia nyata dengan dunia maya. Sedangkan GPS sebagai penunjuk arah atau lokasi dimana pokemon itu berada. Dan sensor gerak sebagai penanda adanya pokemon.

Kesimpulan

1.       Kesimpulan
Aplikasi Permainan Pokemon Go program computer yang menggunakan kombinasi teknologi (penerapan sains ) camera HP, GPS, dan Sensor Gerak Gyroscope Handphone untuk dapat bekerja.


Daftar Pustaka


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.