.

Kamis, 15 September 2016

Kimia Lingkungan




Judul buku : Kimia Lingkungan 
Penulis : Dr. Rukaesih Achmad, M.Si. 
Penerbit         : Andi 
Tahun terbit : 2004
Tebal buku : xvi + 184 hlm
Ukuran buku : 16 x 23 cm
No ISBN  : 979-731-485


Buku ini adalah hasil karya Dr. Rukaesih Achmad, M.Si. dia dosen tetap di Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta untuk beberapa mata kuliah antara lain Kimia Lingkungan, Kimia Analisis Lingkungan dan Pendidikan Ilmu Lingkungan, di samping dosen untuk mata kuliah metodologi penelitian pada program S1. Kecintaannya terhadap dunia pendidikan telah dibuktikannya dengan menjadi konsultan pendidikan di tingkat dasar (SD dan MI) dalam turut meningkatkan kinerja para guru di lapangan sejak tahun 1997. Pendidikan terakhir yang dilaluinya adalah Jurusan Pendidikan Kimia FKIE IKIP Bandung (1971) , Program Studi Lingkungan dengan kekhususan Proteksi Lingkungan Fakultas Pasca Sarjana Univesitas Indonesia (1994) , Program Studi Pendidikan Kependudukan & Lingkungan Hidup PPS Universitas Negeri Jakarta.

Dalam Kehidupan Sehari-hari sering ditemukan berbagai masalah, mulai dari masalah sosial dan ekonomi sepert: masalah dalam keluarga, lingkungan tetangga atau masyarakat, masalah pengangguran, kemiskinan, kesehatan dan sebagainya. Nah didalam buku ini juga membahas tentang masalah-masalah yang berhubungan tentang lingkungan, seperti pemanasan global, efek rumah kaca, senyawa-senyawa organik yang ada didalam tanah dll. Serta membahas segala macam pencemaran lingkungan dengan segala dampak yang di tImbulkannya.
Isi buku ini disusun secara sistematis dan diuraikan dengan bahasa yang sederhana, sehingga kita dapat dengan mudah memahami apa, bagaimana, dan untuk apa materi kimia lingkungan. 

Buku “Kimia Lingkungan” Perlu di tambahkan gambar-gambar yang berhubungan dengan Kimia Lingkungan agar lebih menarik bagi pembaca. Dan pembaca tidak jenuh hanya melihat huruf, angka, dan rumus-rumus. Dan penulis sangat menyadari banyak keterbatasan dan kelemahan dalam penyusunan buku ini. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan.

Dengan membaca buku ini kita dapat menemukan berbagai informasi yang kita perlukan, terutama untuk para mahasiswa karena berkaitan dengan hal-hal yang menyangkut bahan-bahan kimia yang ada di alam ini , proses-proses yang melibatkan bahan-bahan tersebut yang terjadi di dalam lingkungan baik secara alamiah maupun sebagai akibat dari kegiatan manusia, yang selain berdampak positif juga berdampak negatif bagi seluruh kehidupan di permukaan bumi ini.
Selain itu di dalam buku ini dikemukakan pula masalah yang akhir-akhir ini, yang sangat menghawatirkan kita semua yaitu penyalahgunaan narkotik dan bahan adiktif lainnya (NARKOBA) dengan segala dampaknya terhadap fisik dan psikis para pengguna. 

2 komentar:

  1. @B18-Nova

    Komentar : Artikel diatas sangat memberikan informasi mengenai buku Kimia Lingkungan kepada pembaca.

    Saran : Untuk penjelasan mengenai bukunya perlu ditambahkan gambar gambar dari isi buku tersebut, agar lebih mudah dipahami dan dimengerti.

    BalasHapus
  2. @B11-AZIZ

    informasi yang di berikan artikel tersebu sangat berarti mengenai kimia lingkungan terhadap pembaca, saran saya untuk penjelasan artikel kurang lengkap seperti kelebihan dan kekurangan buku tersebut dan penutup.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.