.

Rabu, 14 September 2016

Resensi Buku Pengantar Teknik Industri



Judul Buku      : Pengantar Teknik Industri
Penulis             : Amin Syukron; Muhammad Kholil
Penerbit           : Graha Ilmu
Tahun Terbit    : 2014
No. ISBN        : 978-602-262-193-5
Cetakan           : I
Halaman          : vii + 315



Pokok Bahasan
Teknik Industri mempunyai dasar keilmuan. Dasar ilmu tersebut adalah:
1.      Method engineering adalah studi yang mempelajari secara sistematis seluruh operasi langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan perbaikan - perbaikan sistem kerja, agar pekerjaan mudah dilakukan dan dalam waktu yang singkat.
2.      Ergonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang keterkaitan antara orang dengan lingkungan kerjanya, terutama dengan hasil rancangan kerja.
3.      Perencanaan dan perancangan fasilitas meliputi penentuan lokasi fasilitas, susunan tata letak fasilitas, dan seberapa besar fasilitas yang akan ditempatkan.
4.      Simulasi diperlukan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang sangat sulit dilakukan dengan cara analitis. Dalam hal ini penggunaan komputer sangat diperlukan, sehingga perhitungan dapat berjalan dengan cepat dan menghasilkan penyelesaian yang cukup akurat.
5.      Material handling merupakan perpindahan material atau bahan dari satu lokasi ke lokasi yang lain atau di antara stasiun kerja.
6.      Riset Operasional menjadi dasar dalam penetuan pola-pola dasar penerbangan yang efisien, pola distribusi barang, dan pola jaringan operasi elektronik.
7.      Sistem Produksi merupakan suatu aktivitas untuk mengolah penggunaan sumber daya yang ada dalam proses penciptaan barang atau jasa dengan tujuan dapat memperbaiki tingkat efektivitas dan efisiensi dari proses produksi.
8.      Pengawasan Persediaan bertujuan mengakomodasikan tingkat aliran persediaan yang tidak selalu sama.
9.      Pengendalian Kualitas digunakan untuk menganalisis kualitas produk atau jasa yang dihasilkan.
10.  Manajemen berfungsi untuk perencanaan, pengorganisasian, dan fungsi pengawasan.

Pemahaman
Teknik industri terintegrasi dalam empat sistem yaitu manusia, material, peralatan dan energi. Hal ini menunjukkan semua sistem yang harus memproduksi atau meningkatkan nilai tambah, baik berupa barang maupun jasa. Oleh karena itu, seorang teknik industri mempunyai peranan yang sangat penting dalam mengolah empat sistem tersebut.Peran-peran seorang teknik industri adalah:
  •          Merancang

Merancang menunjukkan kemampuan kreatif mengkombinasikan pengetahuan yang telah dimiliki ke dalam sebuah rancangan sistem. Sistem ini dapat berupa pula merancangan sistem solusi, yaitu rancangan solusi yang multidisiplin, multiapproach dan multidimensi. Itulah sebabnya banyak lulusan teknik industri yang bekerja pada bidang konsultasi.
  •         Meningkatkan

Meningkatkan dapat diartikan sebagai manajemen. Pakar manajemen mengatakan bahwa terdapat perbedaan antara administrasi dan manajemen. Administrasi berorientasi untuk mengerjakan hal yang sama terus menerus secara tepat dan teratur.
  •         Menginstalasi

Menginstalasi menunjukkan kemampuan untuk melakukan pendefinisian langkah-langkah yang dibutuhkan untuk melakukan instalasi terhadap rancangan sistem.

Kesimpulan
Buku ini menjelaskan dengan cukup jelas dasar pengetahuan Teknik Industri, dikarenakan bahasanya yang mudah dipahami dan sebagai informasi untuk membuka wawasan. Pada buku ini, disamping memiliki keunggulan, namun juga terdapat kekurangan didalamnya yakni dalam penulisan masih banyak kesalahan pengetikan, diharapkan cetakan selanjutnya akan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.