.

Sabtu, 10 September 2016

Drone Tanpa Baling-baling karya anak bangsa!

www.youtube.com
mindmap










Pengenalan


Belakangan ini dunia drone tanah air terus meningkat, seiring dengan kebutuhan drone mulai dari kebutuhan  militer, jurnalistik hingga dunia traveling. Maraknya anak muda yang menggunakan drone sebagai salah satu pendukung dunia fotografi juga cukup mendongkrak pengenalan drone di Indonesia.

Namun demikian mungkin masih banyak dari Anda yang masih bertanya-tanya apa sih itu drone? dan apa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari benda ini?
https://pixabay.com
Drone merupakan suatu kendaraan udara yang berbentuk seperti pesawat terbang atau helikopter yang dioperasikan tanpa awak atau pilot. Berbeda dengan pesawat terbang pada umumnya yang pilotnya berada di dalam kabin, pilot drone tetap berada di daratan yang mengendalikan drone lewat fasilitas remote control.

Sekarang sudah tahu kan apa itu drone? :)
Oke kita lanjut...

Sekitar satu bulan lalu netizen nusantara digemparkan dengan keberhasilan Muhammad Rizqy Fauzan (18 Tahun) dalam menciptakan sebuah drone yang dapat terbang tanpa baling-baling atau dalam bahasa kerennya disebut Bladeless drone. Yaelah, dibahasa inggrisin doang aja udah bilang keren :).

Sejarah Drone

Sejarah terciptanya drone sendiri sebenarnya sudah cukup lama sekali, yaitu sejak awal abad ke 19, yaitu sebelum perang dunia I. Dimulai sejak penemuan remote control oleh Nicolas Tesla pada 8 November 1898 yaitu penemu AS keturunan Serbia mematenkan remote control atau pengendali jarak jauh temuannya. Remote control ini menjadi dasar ilmu robotik kontemporer dan juga menjadi dasar bermula terciptanya drone.Tesla juga berhasil membuat kapal dan balon yang bisa dikendalikan dari jarak jauh.

Keadaan dunia yang semakin kacau pada pertempuran perang dunia I yaitu diawal abad ke 19, dengan membuat banyaknya pilot-pilot handal yang menjadi korban peperangan menjadi pemantik kuat diciptakannya drone. Hal ini dimaksudkan agar dapat meminimalisir jatuhnya korban yuang terus-menerus, terutama pilot-pilot handal tersebut. Sementara lain kebutuhan militer seperti pengintaian juga turut mendukung kebutuhan akan pesawat tanpa awak.

Pada tahun 1916 sebuah konsep pesawat tanpa awak dibuat dan diberi nama “Aerial Target”. Namun sepanjang pembuatannya, ternyata alat tersebut tak kunjung diterbangkan. Namun beberapa waktu kemudian, debut pesawat tanpa awak bernama “Hewitt-Sperry Automatic Airpane” pun selesai diproduksi. Dan pesawat tanpa awak jenis ini yang pertama kali terbang dengan membawa misi bom terbang.

www.berbagaireviews.com

Teknologi tersebut pun sudah mengusung konsep Unmanned Aerial Vehicle (UAV) dan dapat dikontrol dari jarak jauh. Penggunaanya pun untuk meluncurkan terpedo udara atau rudar jelajah. Dan pada saat itu, pesawat tanpa awak tersebut pun dikendalikan menggunakan giroskop.

Sepanjang kiprah Hewitt-Sperry Automatic Airplane, militer Angkatan Darat Amerika Serikat pun mencoba mengambil alih pengembangannya. Pada tahun 1917, pesawat tersebut akhirnya dikembangkan sebagai mesin terpedo udara milik militer negeri paman sam itu. Dan pada tahun 1918, debut lanjutan pesawat tanpa awak tersebut melahirkan generasi selanjutnya yang diberinama “Bug Kettering”.

Perkembangan Drone

Dalam perkembangannya drone dari zaman ke zaman drone memiliki berbagai macam / type, tergantung bagaimana kebutuhan, fungsi yang diperlukan, dan juga harganya (Upss, udah ngomongin harga ajah :) ). Secara umum drone ada dibagi menjadi 3 jenis  (Berdasarkan baling baling), yaitu :

  • Fixed wing Drone ( Tunggal)
Drone jenis ini berbentuk seperti pesawat komersial dan digunakan untuk proses yang cepat, daya jangkau lebih cepat serta lebih luas, biasanya untuk pemetaan (mapping) atau  konsepnya seperti scaning. Drone jenis Fixed wins memiliki Energi lebih irit baterai karena single baling baling.
www.artikelteknologi.com
  • Multicopter Drone (Multi)
Untuk Anda yang ingin membuat video yang bagus sangat cocok memilih drone yang multi copter dikarenakan Lebih stabil dan daya angkut serta kekuatan untuk mengangkat beban (kemera) bisa yang lebih berat. Semakin banyak baling baling semakin stabil dan lebih aman.

www.artikelteknologi.com
Jenis baling baling :
  • 3 baling baling (3Copter)
  • 4 baling baling (Quadcopter)
  • 6 baling baling (HexaCopter)
  • 8 Baling baling (Octacopter)


  • Drone tanpa baling-baling (Bladeless Drone)
Bladeless drone yaitu sebuah drone yang tidak menggunakan baling-baling. Drone jenis ini masih dalam tahap penelitian / pengembangan dan belum dijual secara komersil. Namun demikian kehadirannya sudah sangat-sangat dinantikan karena drone tanpa baling-baling lebih tahan pada kerusakan akibat benturan fisik.

www.indiegogo.com 

Cara Kerja Bladeless Drone

techno.okezone.com

Dikutip dari halaman berita online okezone.com Rizqy menjelaskan bahwa untuk dapat melayang di atas udara drone miliknya ini menggunakan teknik air pressure untuk memancing udara di atas drone agar mengalir ke bawah melalui frame yang didesain sedemikian rupa.
Sedangkan untuk menghasilkan tekan udara ia menggunakan kompresor mini yang dinamakan pneumatic speed, dan pneumatic turbin yang diletakkan di bagian dalam drone.

Muhammad Rizqy Fauzan, 18 tahun
"Saya menggunakan air pressure untuk memancing udara dari atas drone agar mengalir ke bawah melalui frame yang sudah saya desain sedemikian rupa," kata Fauzan kepada Okezone, Selasa (16/8/2016).

Kemajuan teknologi dalam bidang drone ini memang sangat diperlukan, baik itu improvement dalam teknologinya ataupun juga dalam proses produksinya. Karena mau tidak mau drone suatu saat akan menjadi alat yang diperlukan dalam memajukan peradaban manusia dalam berbagai bidang, baik itu dalam bidang logistik ataupun lainnya.


Pemanfaatan Drone

  • Militer : Peluncur Rudal, Penjatuh bom, Pengintai, Penembak dengan amunisi / Laser.
  • Pertambangan
  • Junalistik
  • Fotografi
  • Perfilman
  • Pantauan Hutan / Satwa
  • Penelitian
  • Pemantau daerah kebakaran
  • Pemantau daerah perkebunan
  • Logistik / sebagai Alat distribusi
  • Pengambil gambar kegiatan Sport
  • Permainan / Game, dll.

Daftar Pustaka :

Khedi. 2015. Sekilas Mengenai Apa Itu Drone. Dalam: http://techno.khedisfile.com/2015/07/24/sekilas-mengenai-apa-itu-drone/. (Diunduh : 9 September 2016).
Unknown. 2016. Sejarah dan perkembangan drone (pesawat tanpa awak), history and develompoment of drone. Dalam: http://www.berbagaireviews.com/2016/05/sejarah-dan-perkembangan-drone-pesawat.html. (Diunduh : 9 September 2016).
Unknown. 2016. Jenis dan Fungsi Drone yang Perlu Anda Ketahui. Dalam: http://www.artikelteknologi.com/2016/01/jenis-dan-fungsi-drone-pesawat-tanpa-awak.html. (Diunduh : 9 September 2016).
Fauzi, Moch Prima. 2016. Cara Kerja Drone Tanpa Baling-Baling Karya Anak Bangsa. Dalam: http://techno.okezone.com/read/2016/08/16/56/1465487/cara-kerja-drone-tanpa-baling-baling-karya-anak-bangsa. (Diunduh : 9 September 2016).
Sudartanto, Albert. 2016. 10 Kegunaan yang Drone Memberikan Perubahan Pada Dunia. Dalam: http://wearinasia.com/story/10-kegunaan-drone-memberikan-perubahan-pada-dunia/. (Diunduh : 9 September 2016).

2 komentar:

  1. @B10-UTOMO
    Terimakasih untuk mas soim yg telah memberikan artikel yg ringkas namun padat dan jelas. Penjelasan mengenai drone ini yg mungkin masih awam di masyarakat telah dipahami dengan adaya artikel ini. Dan juga saya sangat tertarik dengan sebuah drone dan juga anak berusia 18 tahun bernama fauzan yg membuat bladeless drone. Saran saya artikel ini mungkin dapat diberikan foto lebih banyak lagi supaya lebih menarik selebihnya nya sangat baik. Terima kasih

    BalasHapus
  2. @B25-DIKY

    Artikel yang menarik,

    Terus lah berkarya , agar dapat bersaing di kancah internasional..

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.