.

Rabu, 14 September 2016

Memahami Fisika Secara Ringkas dengan Soal - Soal




1.       Identitas Buku :

Judul Buku : Fisika Universitas
Penulis : Frederick J. Bueche, Eugene Hecht
Penerbit : Erlangga
Tahun Terbit : 2006
Jumlah Halaman : 315 Halaman

2.       Riwayat Kepengarangan :

Eugene Hecht : adalah pengajar tetap di Departemen Fisika Adelphi University di New York, beliau adalah orang yang sangat mencintai dunia ajar-mengajar, para mahasiswa telah memilihnya sebagai Professor Of The Year. Beliau mengarang buku buku lain dan sampai sekarang telah mengarang sembilan buku. Buku beliau yang berjudul Optics, edisi ke-4, diterbitkan oleh Addison Wesley, telah menjadi buku teks utama dalam bidang ini di seluruh dunia selama hampir tiga dekade. Profesor Hecht juga menulis Shaum’s Outline of Optics dan dua buku penting lainnya yaitu, Physics: Alg/Trig, edisi ke-3, dan Physics: Calculus, edisi ke-2, yang keduanya diterbitkan oleh Brooks/Cole. Kedua buku tersebut digunakan tidak saja di Amerika Serikat tetapi juga di negara-negara lain. Pada tahun belakangan ini, Profesor Hecht telah menerbitkan sejumlah makalah mengenai Teori Khusus Relativitas (Special Theory of Relativity), sejarah ide-ide, dan mengenai masalah-masalah mendasar dalam ilmu fisika. Beliau menghabiskan sebagian besar waktunya mempelajari fisika, menulis tentang seni, dan berlatih untuk lulus empat sabuk hitam dalam beladiri taekwondo.

Frederick J. Bueche (alm) : Mendapat gelar terakhir sebagai Distinguished Professor at Large, University of Dayton, menerima gelar Ph. D. dalam bidang fisika dari Cornell University. Beliau telah menerbitkan hampir sebanyak 100 makalah riset mengenai fisika polimer tingkat-tinggi. Beliau juga pernah mengarang satu buku teks untuk mahasiswa pascasarjana dalam bidang fisika makromolekuler. Kerja kerasnya terutama adalah pada bidang pengajaran fisika. Pada tahun 1965, beliau menerbitkan buku teks fisika berjudul Principles of Physics, kini buku tersebut sudah mencapai edisinya yang kelima dan masih banyak dipakai. Dr. Bueche juga mengarang lima buku teks lain mengenai fisika dasar dan menulis banyak buku soal dan panduan belajar.

3.       Sinopsis/Ringkasan Isi Buku :

Sebagai pecinta dunia ajar-mengajar, keduanya Dr. Bueche dan Profesor Hecht, merangkai buku ini dengan sangat ringkas namun padat dan jelas. Buku ini memuat pembahasan mengenai mata pelajaran fisika. Penulis tidak banyak menjelaskan pembahasan pada suatu bab, hanya bagian yang penting saja. Penulis meringkas pembahasan dan memotong bahasan rincian yang tidak dibutuhkan. Buku ini tidak memakai pembahasan secara kalkulus untuk memudahkan para pembaca/pemakai buku ini, dan juga memiliki tingkatan dalam pembahasan soalnya yaitu I, II, III. Hal tersebut sangat membantu dosen maupun mahasiswa dalam memahami pembahasan soal. Terlebih penulis juga memberikan soal-soal pada buku ini dengan baik karena pembahasannya mengenai hal-hal yang ada pada kehidupan sehari-hari.

4.       Ulasan :

  •                 Kelebihan :

Penjelasan penulis mengenai suatu bahasan dipaparkan sedikit pada teori dan lebih dijabarkan pada contoh soal, hal ini dapat membuat para mahasiswa dapat memahami pembahasan dengan bahasan terpenting yaitu menjawab suatu permasalahan/soal. Buku ini dipakai oleh banyak dosen karena pembahasan mereka yang tidak memakai kalkulus dan membuat pembahasan tersebut mudah dipahami. Soal yang dipakai pun seringkali membahas hal-hal yang ada pada kehidupan sehari-hari. Penulis memberikan soal-soal dengan suatu tingkatan yaitu I, II, III, yang tersulit adalah yang III, dengan adanya tingkatan ini sudah jelas dapat mempermudah dosen kembali untuk memberikan soal-soal kepada mahasiswanya. Buku ini fleksibel dapat dipakai untuk sekolah menengah atas maupun diperkuliahan.

  •   Kekurangan :

Sedikitnya bahasan mungkin menjadi suatu kekurangan pada buku ini, memang penulis sengaja memotong bahasan yang rincian yang tidak dibutuhkan. Akan tetapi, hal tersebut menyulitkan karena  terdapat istilah dan bahasan pada soal yang tidak dijelaskan sebelum dan sesudahnya. Sehingga para mahasiswa dan dosen pun harus memiliki referensi lain untuk mencari jawaban pada soal tersebut.

5.       Penutup :


Tak ada gading yang tak retak, segala ketidaksempurnaannya bisa dibenarkan karena pembahasan soalnya yang mudah dengan pembahasan pada kehidupan sehari hari. Anda akan mendapat intisari yang lengkap mengenai topik-topik yang akan dibahas. Jika anda ingin mendapat nilai yang tinggi sekaligus pemahaman yang menyeluruh mengenai fisika universitas, buku ini adalah teman belajar terbaik anda.



Sekian resensi dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Author : Muhammad Fawwaz Putro Utomo - 41615110015

1 komentar:

  1. @B23-YUNITA

    Buku nya bagus nih. Banyak contoh2 soalnya. Kebetulan gue punya nih bukunya

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.