.

Kamis, 15 September 2016

Resensi Buku Pengantar Teknik Industri



Judul Buku     : Pengantar Teknik Industri
Penulis            : Amin Syukron, S.T., M.T.; Ir. H. Muhammad Kholil, M.T.
Penerbit          : Graha Ilmu
Tahun Terbit  : 2014
Cetakan          : I
No. ISBN        : 978-602-262-193-5
Halaman        : 315


 











 



I.  Sejarah, Pengertian, dan Perkembangan Teknik Industri
          Perkembangan peradaban manusia tidak lepas dari proses pembelajaran dalam memenuhi kebutuhannya. Keterbatasan manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa berdiri sendiri tanpa adanya interaksi dengan yang lain dalam hal apapun. Pada awalnya pemenuhan kebutuhan manusia itu dikerjakan secara individu, tetapi karena berkembangnya permintaan atas kebutuhan manusia yang selanjutnya disebut konsumen, maka tidak lagi mampu dikerjakan oleh individu. Dari sinilah awal bangkitnya dunia industri dalam memenui kebutuhan manusia secara masal..

Teknik industri adalah disiplin teknik (rekayasa) dan bukan science yang disebabkan karena teknik industri menangani pekerjaan perancangan (desaign), perbaikan (improvement), penginstalan (installation) dan juga menangani masalah manusianya.  Bidang garapan teknik industri adalah sistem integral yang terdiri dari manusia, material/bahan, informasi, peralatan, dan energi.


 II. Analisis Perancangan Kerja dan Ergonomi
         Teknik sistematis dalam merancang dan perbaikan metode kerja disebut Method Engginering. Tujuan dari Method Engginering adalah melakukan perbaikan metode kerja disetiap bagian untuk meningakatkan produktivitas kerja dan meningkatkan fleksibilitas sitem kerja, mampu berdaptasi dengan pasar  dan mempunyai kemampuan berkembang untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Method Engginering menyangkut dua hal yaitu, Method Study dan Work Measurement.

  III. Sistem Produksi

      Untuk melaksanakan fungi-fungsi produksi dengan baik, maka diperlukan rangkaian kegiatan yang akan membentuk suatu sistem produksi. Sistem produksi merupakan sekumpulan dari sub sistem yang saling berinteraksi yang bertujuan mentransformasi input produksi menjadi output produksi melalui proses produksi.



   IV.  Perencanaan dan Pengendalian Produksi


      Peramalan merupakan suatu langkah awal dalam melakukan langkah pengambilan keputusan dan perencanaan. Dengan dasar peramalan ini, maka akan didapatkan data untuk sekarang ataupun masa depan melalui pengujian dengan data dimasa lalu. Aktivitas peramalan merupakan suatu fungsi bisnis yang berusaha memperkirakan permintaan dan penggunaan produk sehingga produk-produk itu dapat dibuat dalam kuantitas yang tepat.

  V.     Produktivitas


  Produktivitas adalah proses kegiatan yang terstruktur guna menggali potensi yang ada dalam sebuah komoditi/obek. Seperti diketahui bahwa banyak dari perusahaan saat ini yang sulit mengambil keputusan disebabkan banyaknya pesaing dan kurangnya perusahaan untuk dapat memanfaatkan sumber-sumber yang ada dalam perusahaan, maka muncula kata “Produktivitas”.


 
1.Kelebihan dari buku Pengantar Teknik Industri


a. Cover sangat menarik

b. Penggunaan tata bahasa dalam buku ini juga sangat mudah dimengerti,
c. Kertas yang digunakan tebal, sehingga tidak mudah sobek
d.
cukup jelas dalam memberikan penjelasan dasar-dasar pengetahuan sebagai seorang teknik industri,
     
2. Kekurangan dari buku Pengantar Teknik Industri

a.  Isi buku yang kurang variatif, karna kurang dilengkapi gambar
b. Penulisan yang kurang menarik karna seluruh huruf berwarna hitam
c. cetakan dalam penulisan kurang bersih
d.terdapat kesalahan dalam ketikan .





2 komentar:

  1. isi buku dan penulisannya mudah dipahami
    sarannya kata-kata kurang banyak

    BalasHapus
  2. @B19-HARTANDI
    isi buku dan penulisannya mudah dipahami
    sarannya kata-kata kurang banyak.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.