.

Kamis, 15 September 2016

Smartwatch, Jam Tangan Unik Nan Canggih Era Global



Oleh: Bayu Adhi Pratama
Globalisasi merupakan suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.
Pada era global ini, banyak berkembang dan ditemukan penemuan-penemuan terbaru mengenai kecanggihan teknologi sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan manusia yang dapat memanjakan manusia sebagai pemuas kebutuhan mereka. Tak lain halnya kecanggihan teknologi di era global ini juga dapat membuat seorang individu tampil selangkah lebih maju dari individu lainnya dengan gaya atau model ketika mengikuti perkembangan trend terkini.

Sekarang banyak ditemukan alat-alat komunikasi yang sangat mempermudah manusia dalam berhubungan antar manusia satu dengan lainnya, serta mempermudah manusia dalam memperoleh informasi-informasi yang ada di seluruh belahan dunia. Misalnya saja telah diciptakannya internet, gadget-gadget, maupun smartphone yang menjadi jawara dalam perkembangan teknologi yang dapat memanjakan manusia. Begitu pula dengan jam tangan yang saat ini telah banyak mengalami perkembangan modifikasi menjadi alat komunikasi yang disebut dengan Smart Watch (Jam Tangan Pintar), yang akan sedikit diulas dalam artikel ini.

Apa itu Smartwatch ?

Selama ini sudah ada smartphone, telpon pintar. Kemudian smart TV, TV pintar dan sekarang Smartwatch, jam pintar. Istilah Smart yang dilekatkan pada sebuah objek elektronik umumnya berarti perangkat tersebut dapat terkoneksi dengan internet atau perangkat elektronik yang lain.

Istilah Smartwatch secara umum berarti sebuah jam tangan yang dapat terhubung ke internet dan juga perangkat elektronik yang lain (smartphone atau tablet) untuk mendapatkan informasi yang akurat dari perangkat tersebut. Smartwatch dapat menjalankan fungsi dasar layaknya smartphone. Dengan smartwatch kita bisa memiliki akses ke berita, cuaca, gps, email, sms dan telpon masuk dan banyak lagi.


Hasil gambar untuk smartwatch

Cara Kerja

Agar dapat mengoptimalkan fitur-fitur yang ada, smartwatch haruslah slalu terkoneksi dengan smartphone. Sebenarnya inilah tujuan di ciptakan smartwatch ini, yaitu sebagai pasangan bagi smartphone kita. Kita tidak perlu lagi repot-repot membuka smartphone yang tersimpan di saku atau dalam tas, untuk melihat SMS, Email atau panggilan telpon masuk atau lainnya. Cukup kita akses dari jam tangan pintar kita untuk menjalankan fungsi tersebut. Intinya kita bisa akses smartphone kita dari jam tangan pintar yang kita pakai.
Umumnya smartwatch terhubung ke smartphone menggunakan koneksi bluetooth. Setelah terhubung dengan smartphone, kita dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh smartwatch tersebut. Seperti pemberitahuan adanya SMS, Email atau telpon. Atau aplikasi lainnya yang bisa mengontrol samrtphone lewat smartwatch.

Kesimpulan
Dengan berkembangnya teknologi yang semakin pesat maka diciptakanlah alat yang memiliki banyak fungsi. Sebagai contoh adalah Jam Tangan Pintar (Smart Watch). Dengan Smart Watch, anda bisa menikmati fitur-fitur seperti koneksi internet, menjalankan aplikasiSmartphone anda, melakukan panggilan telepon, membuat pesan via text atau video, memonitor caller ID, melihat kondisi cuaca, mengontrol tingkat kebugaran, mendapatkan koordinat GPS dan lokasi, serta masih banyak lagi yang bisa dilakukan oleh perangkatSmartwatch ini. Jam tangan pintar ini juga bisa kita beli dengan harga yang terjangkau.

Saran:

Kekurangan Smartwatch ini adalah Batreinya yang cepat habis karna banyak berbagai fitur yang ada didalamnya yang digunakan oleh pengguna. Sebaikanya Smartwach mengurangi fitur fitur yang tidak terlalu penting agar stamina batrei dapat bertahan cukup lama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.