.

Jumat, 09 September 2016

Teknologi GPS, Membantu atau Merugikan ?



Yaa…berbicara soal teknologi saya  akan membagi sedikit dari beberapa  teknologi yang sering digunakan yang mungkin membantu atau bisa juga malah merugikan…


Salah satu teknologi yang mungkin sering dimanfaatkan untuk perjalanan kita sehari hari yaitu GPS dalam artian (Global Positioning System) adalah salah satu sistem yang akan membantu kita untuk mengetahui posisi kita berada saat ini. 
GPS bekerja dengan menstransmisikan sinyal dari satelit ke perangkat GPS (GPS portable , handphone atau Blackberry yang dilengkapi teknologi GPS). Untuk memperoleh detil posisi yang seakurat mungkin, GPS sebaiknya digunakan di ruang terbuka. Penggunaan GPS di dalam ruangan, hutan ataupun di tempat yang banyak gedung-gedung tinggi, akan membuat GPS bekerja kurang akurat.


Informasi GPS ditransmisikan oleh beberapa satelit. GPS sendiri ada sekitar 24 unit (ada beberapa satelit cadangan) yang disebar mengelilingi bumi 2 kali sehari. Sinyal yang di kirim oleh satelit-satelit tadi diterima oleh unit GPS. Minimal diperlukan 3 sinyal satelit agar unit GPS bisa menterjemahkan dan menghitung, hasilnya adalah lokasi / posisi kita di muka bumi. Yaitu berupa data Longitude dan Latitude, jika ada 4 sinyal satelit, maka unit GPS dapat menghasilkan informasi altitude (ketinggian dari permukaan laut).  sehingga GPS receiver mampu mengkalkulasi dan menampilkan seakurat mungkin posisi, kecepatan dan informasi waktu kepada pengguna GPS.


Teknologi GPS  dipakai secara umum oleh publik baru sekitaran  tahun 1990an.

Keistimewaan GPS adalah mampu bekerja dalam berbagai kondisi cuaca, siang atau malam. Keakuratan sebuah perangkat GPS bisa mencapai 15 meter, bahkan model terbaru yang dilengkapi teknologi Wide Area Augmentation System (WAAS) keakuratannya sampai 3 meter.

Dengan menggunakan GPS ini kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih daripada menggunakan cara lama yaitu peta untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat.

Tetapi ada beberapa juga kekurangan dan kelebihan dari GPS ini:


Kekurangan/ kerugian:

  • jika digunakan diteempat terpencil akan sulit menentukan posisi kita
  • jika digunakan sekitaran gedung tinggi / didalam ruangan agak sulit dideteksi
  • penggunaan baterai yang boros
  • pemilihan jalan yang tidak tepat  biasanya ini yang paling banyak terjadi ,( Tingkat keakuratan tak selamanya presisi) pemakai motor yang seharusnya melewati jalan umum malah ditunjukan ke jalan tol. Penggendara mobil kadang kesulitan menggunakan mobilnya jika dilewatkan dijalan yang kecil, bahkan ada yang tersesat menggunakan GPS ini.
  • tingginya angka kecelakaan lalulintas dikarenakan kekurang hati hatian dalam menggunakan GPS ini (tidak konsentrasi) Pengguna GPS akan cenderung bergantung pada GPS ketika berkendara, sehingga kurang waspada terhadap kondisi lalu lintas sekitarnya.
  • biaya penggunaan yang tidak murah karena menggunakan jaringan



Keuntungan:

  • menjadi pemandu dalam bernavigasi
  • bisa mengetahui berapa jarak yang akan ditempuh ketempat tujuan sehingga bisa memperkirakan biaya bensin pada suatu kendaraan
  • bisa mengetahui posisi kendaraan kita jika dilengkapi GPS tracker
  • Lebih ringkas dan mudah digunakan dibandingkan dengan peta konvensional
  • Sangat membantu meningkatkan tracking di dunia militer.

Yaa tentunya setiap teknologi pasti ada kekurangan dan kelebihan masing masing dalam penggunaanya.tentunya kita harus selalu waspada jika menggunakan GPS ini, jika menggunakan motor / mobil hendaknya berhati hati dengan jalan yang kita pilih. lengkapi sepeda motor dengan holder  GPS  / mungkin cari suatu tempat dengan partner / teman anda sehingga teman anda bisa ikut menvigasi. Pastikan jaringan yang dipakai stabil..




Terima kasih….




Referensi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.