.

Rabu, 14 September 2016

MANUFACTURING

Judul buku       : Pengantar Teknik Industri
Penulis             : Sinulingga, Sukaria
Penerbit           : Graha Ilmu
Cetakan           : I
Tahun Terbit    : 2008
Jumlah halaman   : XII + 368 halaman, 1 jilid : 23 cm
Harga Buku     : Rp. 150.000,-

Riwayat Penulis
            Riwayat penulis buku ini yaitu Sukaria Sinulingga lahir di Tanah Karo pada tanggal 27 Desember 1945. Beliau adalah dosen Teknik Industri Fakultas Teknik USU pada tahun 1973. Setelah menjadi dosen beliau mengembangkan diri dengan mengikuti pendidikan pascasarjana dan mampu meraih jabatan sebagai forward programmer dalam proyek MUDP (1992-1994), tim pakar DIKTI dalam projek EEDP (1995-2001), training officer dalam projek SDP dalam Bank Dunia (1994-1998) dan anggota kelompok Ahli Gubernur Sumatera Utara (1998-208). Pada tahun 2004, beliau dikukuhkan menjadi profesor dalam mata pelajaran Production Control. Sampai pada tahun 2005 beliau diangkat menjadi pembantu Rektor USU dalam bidang perencanaan dan kerjasama.

Sinopsis Buku
Buku teknik industri ini untuk melengkapi  referensi bagi para pembaca khususnya yang sedang mempelajari Teknik Industri.
Buku ini tidak hanya fokus pada pemahaman sendi-sendi disiplin ilmu teknik industri sebagai bagian dari ilmu engineering yang diperkaya dengan ilmu sosial, tetapi juga ruang lingkup, metode dan pendidikan teknik industri serta kemampuan khas yang dimiliki oleh seorang sarjana teknik industri.
Dalam dunia industri, istilah manufacturing tidak asing lagi. Karena manufactur adalah  suatu cabang industri yang mengaplikasikan mesin, peralatan dan tenaga kerja dan suatu medium proses untuk mengubah bahan mentah menjadi barang jadi untuk dijual.


Kelebihan Buku          
Dalam buku ini salah satunya menejelaskan tentang manufacturing yang dijelaskan secara detail mulai dari ilmu dasar sampai implementasi beserta contohnya.
Kekurangan Buku
            Untuk kelengkapan contoh dalam gambar kurang.
Penutup

Terlepas dari kekurangan buku ini, harus diakui bahwa buku terbitan pertama karya “Sukaria Sinulingga” merupakan karya yang memikat dan sangat berharga ilmu-ilmu yang terkandung dalam buku ini. Buku ini disajikan tidak hanya disajikan untuk penambahan literatur bagi pembaca teknik industri tetapi juga bagi para praktisi yang tertarik menangani bisnisnya secara sistematik.

Daftar Pustaka

Turner, W.C., Mize, J.H., Case, K.E., and Nazemetz, J.W.,
Introduction to Industrial and systems Engineering, Third Edition, Prentice Hall Inc, 1993.
Volmann, T.E., Berry, B.L., Whybark, D.C., and F.R.,
Manufacturing Planning and Control for Supply Chain Management, Fifth Edition, Mc Graw Hill, 2003.

1 komentar:

  1. Mohamad Burhanudin
    @C27-BURHANIDIN,

    Artikel tentang resensi bukunya sudah cukup bagus. dan sudah tepat sesuai dengan jurusan yang di ambil sehingga teman-teman industri dapat mendapat refrensi buku lagi.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.