.

Kamis, 15 September 2016

Resensi Buku Analisis Kelayakan Pabrik




Judul buku                   : Analisis Kelayakan Pabrik
Penulis                         : M. Sayuti
Penerbit                      : GRAHA ILMU
Tahun                          : 2008
ISBN                             : 978-979-756-297-7
Halaman                     : X+158
Harga                          : Rp 74.800,00



            Analisis kelayakan pabrik merupakan salah satu mata kuliah pada jurusan Teknik Industri. Tujuan dari mata kuliah ini tiada lain adalah memberdayakan para mahasiswa agar mampu melakukan analisis yang menyeluruh mengenai pendirian/pengembangan usaha baru, berdasarkan aspek pemasaran, teknis dan operasi, organisasi, legal, lingkungan dan keuangan, serta mampu memberikan rekomendasi untuk usaha tertentu agar layak dijalankan. Adapun isi buku ini memaparkan secara konseptis dengan bahasa yang sederhana. Materi pembahasan meliputi: Latar belakang investasi (konsep pengembangan usaha, ruang lingkup analisis kelayakan, pendekatan analisis kelayakan, analisis potensi penawaran dan permintaan); Aspek pemasaran (perencanaan bauran pemasaran, perencanaan produk, dan perencanaan kapasitas); Aspek teknis (perencanaan lokasi, perencanaan proses, tata letak fasilitas produksi, permesinan, dan sistem produksi); Aspek organisasi dan ketenagakerjaan; Aspek lingkungan (AMDAL, implementasi AMDAL, dan sistem pengolahan limbah industri); Aspek hukum (badan hukum, perijinan usaha industri, dan acuan peraturan yang terkait); Aspek finansial (estimasi biaya tetap dan tidak tetap, penyusunan sumber pendanaan, penyusunan cash flow, dan pengukuran kelayakan investasi secara finansial); Evaluasi kelayakan pabrik secara terpadu.


            Kelebihan dan Kekurangan
            Setiap hal tidak luput dari kelebihan dan kekurangan demikian juga dengan buku ini. Oleh karena itu, dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan buku ini.
Kelebihan:
1. Buku ini cukup lengkap dan informatif.
2. Dimensinya yang tidak terlalu besar & tidak tebal membuat nyaman ketika dibawa kemanapun.


Kekurangan:
1. Tidak terdapat gambar
2. Tidak terdapat contoh soal dan soal latihan



Buku ini menjelaskan dengan cukup jelas tentang analisis kelayakan pabrik, dikarenakan pokok bahasan yang mudah dipahami dan sebagai informasi untuk membuka wawasan. Buku ini, selain memiliki keunggulan, namun juga terdapat kekurangan didalamnya, diharapkan cetakan selanjutnya akan lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.