.

Kamis, 15 September 2016

RESENSI BUKU KETEKNIKAN (SCHAUM’S OUTLINES – FISIKA UNIVERSITAS


Hasil gambar untuk schaum's outlines fisika universitas
Oleh : Nur Afni Indah Rismawati

Kali ini saya akan meresensi buku yang sudah pernah saya baca dan gunakan. Buku tersebut berjudul Scahum’s Outlines – Fisika Universitas.
Schaum’s Outlines sebenarnya tidak hanya menerbitkan seri Fisika Universitas tapi juga seri dari berbagai keilmuan hitungan seperti Kalkulus, Statistika dan Probabilitas, Fisika Modern, dll.
Karena yang akan kita bahas adalah seri Fisika Universitas, berikut saya uraikan kepada pembaca :




Schaum's Outlet adalah buku yang berisi contoh soal dan latihan soal. 

Sampul Schaum’s Outlines – Fisika Universitas ini tidak neko-neko. Dengan perpaduan warna  merah, kuning dan biru. Berbeda dengan buku fisika kebanyakan yang biasanya mengusung sampul yang meriah dan membuat mata pusing.
Dari sampulnya saja saya sudah menduga kalau buku ini penuh dengan angka-angka dan ternyata..

Tidak sepenuhnya angka. Banyak hurufnya juga. Disertai dengan penjelasan terlebih dahulu mengenai materi yang akan dibahas. Lalu dilanjutkan dengan contoh soal dan pembahasan serta dilanjutkan dengan latihan soal.
Contoh soal yang disajikan pun bervariasi. Penjelasan dari contoh soal juga lumayan lengkap meskipun untuk memahami contoh soal benar-benar dipastikan bahwa anda sebelumnya sudah mengerti konsep-konsep fisis.
Menurut saya, kekurangan dari buku ini adalah tidak seperti yang lain, tidak ada kunci jawaban dibelakang halaman untuk latihan soalnya.  Soaln yang disajikan pun terbilang rumit. Walaupun contoh soal yang disajikan juga rumit.
Pemahaman pembaca tentang konsep fisis harus bagus untuk bisa memahami contoh soal yang disajikan.  Karena Schaum’s outlines tidak meyajikan penjelasa gamblang tentang konsep, hanya ringkasannya saja.
Namun, terlepas itu semua, buku Schaum’s Outlines – Fisika Universitas adalah buku yang tepat jika pembaca ingin mencari penyelesaian dari soal-soal fisika. Sangat cocok digunakan jika pembaca –mahasiswa- akan menempuh ujian.

Berikut data buku Schaum’s Outlet yang baru saja saya bahas :
Judul Buku : Schaum’s Outlines – Fisika Universitas
Edisi : Kesepuluh
Pengarang : Frederick J Bueche, dan Eugene Hecht
Penerbit : Erlangga
Terbit pertama di Indonesia : 5 Mei 2006
Jumlah Halaman : 310 halaman


Salam! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.