.

Kamis, 15 September 2016

Resensi Buku Ekonomi Teknik


Judul Buku                : Ekonomi Teknik
Penulis                       :  Drs. M. Giatman, MSIE
Editor                         :  Ir. Drs. H. Arson Aliludin, S.E, DEA
Penerbit                     :  PT. RAJAGRAFINDO PERSADA
Tahun Terbit             :  2007
Jumlah Bab               : 8 Bab
Jumlah Halaman      : 212 Halaman






Ekonomi teknik merupakan keharusan bagi para ahli teknik untuk lebih mengembangkan disiplin keilmuannya dengan memahami disiplin keilmuan lainnya sehingga dapat bersinergi dalam mengakomodasi beragam peluang dan tantangan yang ada. Mengingat abad globalisasi yang sarat dengan kompetisi dan inovasi teknologi, keharusan dalam menguasai beragam aspek menjadi hal yang paling hakiki untuk dapat keluar sebagai pemenang. 

Seiring dengan mulai dilaksanakannya pembangunan infrastruktur di seluruh Indonesia, seperti jalan, jembatan, gedung, pelabuhan, bandar udara, dan sebagainya, maka kebutuhan akan tenaga teknik yang profesional menjadi sangat penting. Untuk itu, menyiapkan tenaga ahli teknik yang profesional dan memiliki wawasan luas adalah keharusan, terutama bagi dunia perguruan tinggi. 

Dunia perguruan tinggi harus mampu menghasilkan para ahli teknik yang memang mempunyai kompetensi keahlian sesuai disiplin keilmuannya. Bidang keteknikan dengan output teknologinya menjadi penentu kemajuan suatu bangsa ini. Dengan demikian, merupakan sebuah kewajiban bagi kita semua untuk mampu mengimplementasikan kemajuan teknologi ke dalam dinamika masyarakat sehari-hari.  Masyarakat harus  dibangkitkan  kesadarannya  akan  peran  bidang  keteknikan dalam dinamika pembangunan bangsa. Terutama dengan membangun para ahli teknik Indonesia ke depan yang mumpuni, tangguh, dan berwawasan luas. Kami atas nama Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia mengucapkan selamat atas  diterbitkannya buku Ekonomi Teknik karya Sdr. Drs. M. Giatman, MSIE. Semoga  adanya buku Ekonomi Teknik ini mampu memberikan kontribusi positif bagi dunia akademis dan juga masyarakat luas


Kelebihan & Kekurangan
Setiap apapun didunia ini pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan buku ini.

Kelebihan :
1. Bentuk bukunya tidak terlalu besar dan tidak terlalu tebal. jadi bisa dibawa kemanapun dengan mudah.
2. Buku ini sudah cukup lengkap dan informatif.

Kekurangan :
1.Tulisan & gambar yang dicetak hanya berwarna hitam-putih sehingga cukup membosankan.
2. Hanya terdapat materi pelajarannya , tidak ada contoh soal ataupun soal latihan.



Kesimpulan:
Sebagai ilmu ekonomi terapan, pada dasarnya prinsip--prinsip yang terdapat pada ekonomi tekniksama dengan prinsip-prinseip yang terdapat pada ekonomi murni. Hanya saja, pembahasan lebih ditekankan pada perhitungan nilai-nilai ekonomis yang terkandung dalam rencana kegiatan teknik. Didalam buku Ekonomi Teknik ini, antara lain dibahas tentang biaya produksi, Matematika uang, Evaluasi investasi, analisis sensitivitas serta break event point, dan lain-lain yang sangat berguna sebagai pertimbangan para ahli teknik untuk merealisasikan rancangannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.