.

Rabu, 14 September 2016

Resensi Buku Pengantar Teknik Industri




Oleh: Rika Febriani



Judul Buku      : Pengantar Teknik Industri
Penulis            : Amin Syukron; Muhammad Kholil
Penerbit           : Graha Ilmu
Tahun Terbit    : 2014
Cetakan          : I
No. ISBN         : 978-602-262-193-5
Halaman         : 315


·         Pokok Pembahasan

Perencanaan Dan Pengendalian Produksi
Perencanaan dan pengendalian produksi merupakan salah satu fungsi yang terpenting dalam usaha mencapai tujuan perusahaan. Yang dimaksud dengan perencanaan dan pengendalian produksi yaitu merencanakan kegiatan-kegiatan produksi, agar apa yang telah direncanakan dapat terlaksana dengan baik. Perencanaan produksi adalah aktivitas untuk menetapkan produk yang diproduksi, jumlah yang dibutuhkan, kapan produk tersebut harus selesai dan sumber-sumber yang dibutuhkan. Pengendalian produksi adalah aktivitas yang menetapkan kemampuan sumber-sumber yang digunakan dalam memenuhi rencana, kemampuan produksi berjalan sesuai rencana, melakukan perbaikan rencana. Tujuan utamanya adalah memaksimumkan pelayanan bagi konsumen, meminimumkan investasi pada persediaan, perencanaan kapasitas, pengesahan produksi dan pengesahan pengendalian produksi, persediaan dan kapasitas, penyimpanan dan pergerakan material, peralatan, routing dan proses planning, dan sebagainya.

4.1 Peramalan
Peramalan merupakan suatu langkah awal dalam melakukan langkah pengambilan keputusan dan perencanaan. Dengan dasar peramalan ini, maka akan didapatkan data untuk sekarang ataupun masa depan melalui pengujian dengan data di masa lalu. Setiap pengambilan keputusan yang menyangkut keadaan di masa yang akan dating, maka pasti ada peramalan yang melandasi pengambilan keputusan tersebut (Sofyan Assauri,1984).
4.1.1      Teknik Peramalan
·         Metode Peramalan Kualitatif (Judgement Methode)
1)    Metode Delphi(Rand Corporation,1950), sekelompok pakar mengisi kuesioner, moderator menyimpulkan hasilnya dan memformulasikan menjadi suatu kuesioner baru yang diisi kembali kelompok tersebut.
2)    Dugaan management(management estimate) atau Panel Consensus.
3)    Riset Pasar (Market Research), peramalan berdasarkan hasil-hasil dari survei pasar yang dilakukan oleh tenaga pemasar produk/ yang mewakilinya.
4)    Metode kelompok terstruktur (structured group methods), metode peramalan berdasarkan pada proses konvergensi dari opini beberapa orang atau ahli secara interaktif tanpa menyebutkan identitasnya.
5)    Analogi Historis (historical analogical), metode peramalan berdasarkan pola data masa lalu dari produk-produk yang dapat disamakan secara analogi.
·         Metode Peramalan Kuantitatif (Statistical Method)
1)    Metode Time Series (Deret Waktu), hubungan antara variable yang dicari (dependent) dengan variable yang mempengaruhi-nya (independent variable), yang dikaitkan dengan waktu seperti mingguan, bulan, triwulan,caturwulan, semester atau tahun.
2)    Metode Pemulusan Eksponensial (Exponential Smoothing).
a.    Metode Pemulusan eksponensial tunggal, mengurangi masalah penyimpangan data, karena tidak perlu lagi menyimpan semua data historis atau sebagian daripadanya.
b.    Metode Pemulusan Eksponensial Ganda (Double Exponential Smoothing),menggunakan dua kali tahap pemulusan dengan parameter yang sama besarnya yaitu α.
3)    Metode Proyeksi Kecenderungan dengan Regresi merupakan dasar  garis trend untuk suatu persamaan matematis, sehingga dapat diproyeksikan hal yang diteliti untuk masa depan.
4)    Metode Smooting merupakan jenis peramalan jangka pendek seperti perencanaan persediaan, perencanaan keuangan.
5)    Metode Kausal merupakan metode peramalan yang didasarkan kepada hubungan antara variable yang diperkirakan dengan variable lain yang mempengaruhinya tetapi bukan waktu.
·         Pemahaman

Pengendalian produksi adalah aktivitas yang menetapkan kemampuan sumber-sumber yang digunakan dalam memenuhi rencana, kemampuan produksi berjalan sesuai rencana, melakukan perbaikan rencana. Tujuan utama perencanaan dan pengendalian produksi adalah memaksimumkan pelayanan bagi konsumen, meminimumkan investasi pada persediaan, perencanaan kapasitas, pengesahan produksi dan pengesahan pengendalian produksi, persediaan dan kapasitas, penyimpanan dan pergerakan material, peralatan, routing dan proses planning. Proses perencanaan produk dilakukan sebelum suatu proyek pengembangan produk secara formal disetujui, sumber daya yang penting dipakai dan sebelum tim pengembang yang lebih besar dibentuk.


·         Saran dan Kesimpulan

Buku ini menjelaskan dengan cukup jelas dasar-dasar pengetahuan sebagai seorang Teknik Industri, dikarenakan bahasanya yang mudah dipahami. Selain itu dalam segi teknisnya, masih banyak kesalahan ketik yang lewat dari proses editing dan terbilang cukup banyak, ini bisa saja menganggu aliran membaca pembaca, diharapkan cetakan selanjutnya akan lebih bersih dari salah ketik dan ejaan. Di samping itu, bagan-bagan penjelasan dianggap cukup memudahkan meski tidak berwarna dan tampilan yang lebih modern, namun sudah cukup baik.  

·         Daftar Pustaka

Syukon, dkk. 2014. Pengantar Teknik Industri. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.