.

Kamis, 15 September 2016

RESENSI BUKU ETIKA MEMBANGUN MASYARAKAT ISLAM MODERN





Judul Buku       : Etika Membangun Masyarakat Islam Modern
Penulis : Srijanti, Purwanto S.K, Wahyudi Pramono
Penerbit          : Graha Ilmu

Muslim dan fenomena globalisasi. Dunia sedang berubah komunikasi antar manusia mendi tanpa batas. Kemajuan ilmu teknolog, komunikasi, transportasi dan turisme. Telah menjadikan dunia sebagai “desa beesar”banyak tantangan menghadang umat.tanpa analisa dan perencanaan strategis umat tidak akan mencapai tujuan bersama.banyak ilmuwan muslim maupun non muslim telah menyatakan bahwa islam adalah agama yang paling cepat berkembang di dunia, walaupun media massa khususnya media massa barat selalu member gambaran buruk tentang islam.
Islam dan universal
Secara tekstual sejak 14 abad yang lalu Al-qur’an telah menegaskan bahwa islam adalah ajaran universal, dimana misi dan klaim kebenaran ajaran nya melampaui batas batas suku , etnis , bangsa ,dan bahasa. Sesungguhnya kesadaran akan pentingnya islam mengantisipasi era globalisasi bukan hal baru lagi bagi umat islam . oleh karena nya tidak mengherankan bahkan hal itu merupakan sunnatullah, bahwa berbagai falsafah ideology budaya dan agama yang ada mengalami pasang surut bahkan kebangkrutan. Jika dilihat dari segi poitifnya era globalisasi , ini sesungguhnya merupakan peluang  bagi islam untuk kembali berperan aktif dalam percanturan dunia terutama untuk ikut serta menegakan nilai-nilai kemanusiaan.
Islam dan perdamaian
Banyak problem yang menerpa umat islam memasuki melenium ke tiga ini. Belum selesai dengan penjajahan dan kemiskinan umat islam di pojokan dengan isu terorisme. Tragedy 11 september menjadi peristiwa yang sering di tafsirkan sebagai kebangkitan terorisme islam. Kesalahpahaman sering terjadi antara masyarakat barat dan masyarakat islam. Islam adalah perdamaian. Konstribusi islam untuk perdamaian dunia dan regional sedemikian besar dalam sejarah umat manusia.

Misi kemanusian dan islam
Agama apapun di dunia ini lebih-lebih islam pada prinsip nya membawa misi kemanusian dan memberi penghargaan tinggi terhadap nilai-nilai kemanusian , namun dalam kenyataan nya tidak demikian.


Saran dan kesimpulan :  globalisasi menuntut kemampuan umat islam di Indonesia memiliki pengetahuan keterampilan sikap dan tingkah laku yang baik untuk dapat bersaing dengan pasar global

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.