.

Kamis, 15 September 2016

PERENCANGAN & PENGENDALIAN PRODUKSI



Judul buku                   : PERANCANGAN & PENGENDALIAN PRODUKSI
Penulis                         : Arman Hakim Nasution & Yudha Prasetyawan
Penerbit                      : GRAHA ILMU
Tahun                          : 2008
ISBN                             : 978-979-756-365-3
Halaman                     : X+442
Harga                          : Rp -


            PPC dapat didefisinikan sebagai proses untuk merencanakan dan mengendalikan aliran material yang masuk, mengalir, dan keluar dari system produksi/operasi sehingga permintaan pasar dapat dipenuhi dengan jumlah yang tepat, waktu penyerahan yang cepat, dan biaya produksi minimum. Perencanaan produksi dilakukan dengan tujuan menentukan arah awal dari tindakan- tindakan yang harus dilakukan dimasa mendatang, apa yang harus dilakukan , berapa banyak melakakukannya, dan kapan harus melakukan. Persediaan merupakan factor yang memicu peningkatan biaya dalam Sistem Manufaktur maupun Non Manufaktur. Meskipun dmikian persidaan tetap diperlukan karena kondisi nyata dari kebutuhan (permintaan) dapat bersifat tidak pasti.
            Menetapkan jumlah persediaan yang terlalu banyak akan mengakibatkan pemborosan biaya penyimpanan, sedangkan menetapkan jumlah persediaan yang terlalu sedikit juga akan berakibatkan hilangnya kesempatan untuk mendapakatkan keuntungan apabila permintaan yang diperkirakan
            Perancangan produksi sebagai suatu perencanangan taktis adalah bertujuan memberikan keputusan yang optimum berdasarkan sumberdaya yang dimiliki perusahaan dalam memenuhi permintaan akan yang dihasilkan. Yang dimaksud dngan sumber daya yang dimiliki adalah kapasitas mesin, tenaga kerja,teknologi yang dimiliki,dll.


            Kelebihan dan Kekurangan
            Setiap hal tidak luput dari kelebihan dan kekurangan demikian juga dengan buku ini. Oleh karena itu, dibawah ini adalah kelebihan dan kekurangan buku ini.
Kelebihan:
1. Buku ini sangat mendukung mahasiswa dalam proses belajar
2. isi dalam buku ini juga sangat lengkap dan dapat dipahami
3. banyak sekali factor yang menunjang dalam buku ini


Kekurangan:
-


Buku ini membahan Perancangan dan Pengendalian Persidiaan baik untuk kebutuhan yang bersifat bebas mauun tak bebas. Analisa persediaan untuk kebutuhan yang bersifat bebas akan diwakili oleh “ Economic Order Quantity” (EOQ) berikul model model perluasannya, sedangkan analisa persediaan untuk kebutuhan yang bersifat tak bbas akan diwakili oleh konsep. Beberapa perluasan dari konsep MRP juga akan sedikit dibahas dalam buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.